Strategi Rantai Pasok Halal di Malaysia (Proses Bisnis di Malaysia)

Main Authors: Fitra Lestari, -, Budi Azwar, -
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: eng
Terbitan: CV. Kreasi Edukasi , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/17072/1/Artikel%20strategi%20Rantai%20Pasok.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/17072/
Daftar Isi:
  • Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) merupakan lembaga yang memiliki otoritas dalam menjamin makanan Halal di Malaysia. Lembaga ini memiliki kinerja paling baik dalam meberikan kepuasan kepada konsumen. Untuk memahami strategi lembaga ini, maka diperlukan menganalisis strategi rantai pasok Halal di Malaysia guna mengidentifikasi pelaku usaha yang terlibat dalam binis produk halal. Penelitian ini mengambil sample pelaku usaha produk Halal di Malaysia terdiri dari supplier, manufaktur, distributor dan konsumen. Ada tiga konsumen pada focus penelitian ini meliputi Ras Melayu, China dan India. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa variable Make memiliki nilai terbesar. Hal ini menunjukankan bahwa fungsi kelembagaan JAKIM telah memberikan jaminan pelaku usaha yang memproduksi produk telah memberikan layakan maksimal kepada konsumen. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk melakukan benchmarking dengan lembaga penyedia sertifikasi Halal di Indonesia yang juga memiliki otoritas penuh dalam memberikan jaminan produk halal kepada konsumen.