Daftar Isi:
  • Komunitas Pekanbaru berkebun merupakan wadah bagi masyarakat untuk saling berkomunikasi bertukar informasi mengenai kegiatan ataupun hobi yang samasama digeluti dengan cara melestarikan lingkungan agar nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya kota Pekanbaru.Untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan dengan meningkatkan kesadaran berkebun tentunya tidaklah mudah perlu adanya komunitas Pekanbaru berkebun untuk ikut andil dalam menyebarkan pesan untuk mengajak, merangkul, dan menyebarkan semangat berkebun. Komunitas Pekanbaru berkebun perlu meningkatkan kesadran masyarakat agar tujuan dari komunitas terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi komunitas Pekanbaru berkebun dalam meningkatkan kesadaran berkebun. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptip kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi dengan pemilihan komunkator, menentukan pesan, pemilihan media, pemilahan khalayak dan efek yang ditimbulkan. Teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu komunitas Pekanbaru berkebun menentukan komunikator dalam pelaksanaannya fungsi humas sebagai peran eksternal komunitas dan divisi edukasi berperan sebagai internal komunikator komunitas. isi pesan yang disediakan berupa informasi untu mengajak khalayak untuk berkebun dengan semangat ekologi, ekonomi, edukasi, dan estetika. Media yang digunakan ialah media sosial instagram dan media tatap muka (face to face). Dalam pengenalan khalayak target komunitas ialah anggota komunitas dan masyarakat Kota Pekanbaru khususnya. Efek yang ditimbulkan ialah anggota komunitas Pekanbaru berkebun maupun masyarakat Kota Pekanbaru khususnya mampu menerapkan semangat menebarkan pesan berkebun dengan semangat ekologi, edukasi, ekonomi, dan estetika dirumah dan kepada anggota keluarga dilingkungan sekitar. Kata Kunci : Strategi komunikasi, komunitas Pekanbaru berkebun, kesadaran berkebun.