HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI masih tergolong rendah padahal disisi lain lingkungan sekolah siswa tergolong baik, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar?, dan bertujuan untuk mengetahui hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar yang terdiri dari 11 lokal dengan jumlah siswa 386 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukan terdapat hubungan antara lingkungan sekolahdengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar, hal ini ditunjukan dengan hasil rhitung yakni 0.731 bila di bandingkan dengan rtabel yakni pada df=40-2=38 pada taraf signifikan 5% yakni 0,320 sedangkan 1% yakni 0,413, maka dapat dikatakan bahwa rhitung lebih besar dibandingkan rtabel (0,413<0,731>0,320) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Kata Kunci: Hubungan, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.