ctrlnum 16961
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH</title><creator>Urwatil Usqo, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan&#xD; kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang&#xD; mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning&#xD; berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas IX&#xD; MTs-TI Batu Belah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen&#xD; dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi target dalam&#xD; penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Sampel&#xD; penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih&#xD; kelas IX-C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model Experiental learning&#xD; dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan model Experiental&#xD; learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t.&#xD; Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal&#xD; matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Berdasarkan&#xD; hasil analis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan&#xD; pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan&#xD; menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 2) Tidak&#xD; terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa&#xD; berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan&#xD; model Experiental learning dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang&#xD; mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 3)&#xD; Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa&#xD; berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran dengan model&#xD; Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti&#xD; pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning; 4) Terdapat&#xD; perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa&#xD; berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model&#xD; Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti&#xD; pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning.&#xD; Kata Kunci: Model Experiential Learning, Pemecahan Masalah Matematis,&#xD; Kemampuan Awal Matematika.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/6/06.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/7/07.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/8/08.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/9/09.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Urwatil Usqo, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16961</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Urwatil Usqo, -
title PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH
publishDate 2019
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/16961/1/01.%20COVER.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/2/02.%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/3/03.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/6/06.%20BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/7/07.%20BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/8/08.%20BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/9/09.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/10/10.%20BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih kelas IX-C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model Experiental learning dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan model Experiental learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan model Experiental learning dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran dengan model Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning; 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning. Kata Kunci: Model Experiential Learning, Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematika.
id IOS7815.16961
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:13:23Z
last_indexed 2019-08-22T12:18:01Z
recordtype dc
_version_ 1674822019956342784
score 17.538404