PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH
ctrlnum |
16961 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH</title><creator>Urwatil Usqo, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning
berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas IX
MTs-TI Batu Belah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen
dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi target dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Sampel
penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih
kelas IX-C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model Experiental learning
dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan model Experiental
learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t.
Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal
matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Berdasarkan
hasil analis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 2) Tidak
terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa
berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan
model Experiental learning dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang
mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 3)
Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa
berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran dengan model
Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti
pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning; 4) Terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa
berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model
Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti
pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning.
Kata Kunci: Model Experiential Learning, Pemecahan Masalah Matematis,
Kemampuan Awal Matematika.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/6/06.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/7/07.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/8/08.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/9/09.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16961/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Urwatil Usqo, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16961</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Urwatil Usqo, - |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/16961/1/01.%20COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/2/02.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/3/03.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/6/06.%20BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/7/07.%20BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/8/08.%20BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/9/09.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/10/10.%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16961/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang
mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning
berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas IX
MTs-TI Batu Belah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen
dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi target dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Sampel
penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih
kelas IX-C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model Experiental learning
dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan model Experiental
learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t.
Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal
matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Berdasarkan
hasil analis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 2) Tidak
terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa
berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan
model Experiental learning dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang
mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 3)
Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa
berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran dengan model
Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti
pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning; 4) Terdapat
perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa
berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model
Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti
pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning.
Kata Kunci: Model Experiential Learning, Pemecahan Masalah Matematis,
Kemampuan Awal Matematika. |
id |
IOS7815.16961 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:13:23Z |
last_indexed |
2019-08-22T12:18:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822019956342784 |
score |
17.538404 |