Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Hal itu dipicu oleh guru mata pelajaran Ekonomi yang kurang menggunakan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, mereka tidak peduli dengan suasana belajar di kelas, dan mereka tidak terampil menggunakan media pembelajaran. Itu adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran Ekonomi, dan objeknya adalah peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu persentase. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh bahwa peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran tentang mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru berada pada kategori baik, persentase siswa kelas sebelas MIA 1 adalah 78 %, persentase siswa MIA 3 adalah 77,75%, dan persentase berada pada kategori baik untuk informan yang mengajar di siswa kelas sebelas MIA 1 dan 3. Dapat disimpulkan bahwa pengamatan keseluruhan tentang peran mata pelajaran Ekonomi guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi mencapai 77,87% persentase yang berada pada interval 61% -80% dan berada pada kategori baik. Kata kunci: Peran Guru, Fasilitator