Daftar Isi:
  • Layanan provider telekomunikasi di Indonesia yang sering digunakan oleh Mahasiswa termasuk Mahasiswa UIN Suska Riau untuk mengakses layanan internet dan menelepon, hal ini memberikan peluang dan tantangan bagi para industri komunikasi provider telekomunikasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi menarik para penggunanya. Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan clustering data pengguna layanan provider telekomunikasi menggunakan algoritma Fuzzy C-Means(FCM)dan menentukan pola hubungan media sosial yang paling sering digunakan dengan menggunakan algoritma association rule. Penelitian ini menggunakan 550 responden kuesioner online. Penelitian menghasilkan 3 cluster dan hasil validasi menggunakan Partition Coefficient Index(PCI) dengan nilai 0,6881 merupakan cluster optimal. Kemudian algoritma association rule dengan nilai minimum support 20% dan confidence 75% menghasilkan pola dua pola hubungan dengan nilai support 23,63% dan nilai confidence 97,01%. Kata Kunci:A ssociation Rule, Clustering, Fuzzy C-Means, Partition Coefficient Index(PCI)