PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 KUOK KECAMATAN KUOK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan model pembelajaran student teams achievement division di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Kuok Kecamatan Kuok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 17 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran student teams achievement division dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran student teams achievement division dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 59,41 dengan ketuntasan klasikal 41,18% setelah dilakukan tindakan, pada siklus I hasil belajar meningkat dengan rata-rata 69,71 dengan ketuntasan klasikal 52,94%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 80,29 dengan ketuntasan klasikal adalah 76,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student teams achievement division dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Kuok Kecamatan Kuok. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam