KLASIFIKASI HOBI PENGGUNA TWITTER MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR(K-NN) UNTUK MENDAPATKAN TARGET KONSUMEN PADA PENJUALAN SOUVENIR OLAHRAGA
Daftar Isi:
- Media sosial merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan bisnis, salah satunya adalah Twitter. Penargetan konsumen menggunakan Twitter akan sampai langsung kepada pengguna Twitter. Pengumpulan informasi tentang ketertarikan pengguna Twitter pada suatu hobi tertentu dinilai belum efektif karena banyaknya pembeli yang lebih tertarik pada toko online yang telah memiliki citra merek. Dengan pendekatan klasifikasi menggunakan algoritma k-Nearest Neighbor dilakukan klasifikasi terhadap pengguna Twitter khususnya yang memiliki minat terhadap cabang olahraga sepak bola, basket, dan renang. Data yang dgunakan pada penelitian ini sebanyak 2000 tweets. Data latih dan data uji dibagi pada komposisi 90:10 dengan metode perhitungan akurasi confusion matrix. Pengujian juga dilakukan untuk menemukan nilai k terbaik pada algoritma k-NN. Fold dengan akurasi terbaik ditemukan pada fold ke-5dengan akurasi 90% pada k=13 dan k = 15. Kata Kunci: confusion matrix, k-Nearest Neighbor, pemasaran, tweet, Twitter.