ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI LAJU REAKSI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran sains yang kurang memperhatikan keterampilan proses sains, padahal keterampilan proses sains merupakan dasar utama dalam pembelajaran sains di laboratorium. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan proses sains siswa pada kegiatan pembelajaran dan praktikum menggunakan model group investigation pada materi laju reaksi pokok bahasan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 34 orang. Untuk mengukur keterampilan proses sains siswa, digunakan lembar observasi dan soal post-test yang berbentuk essay. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi mixed method dan desain penelitian the one shot case study. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Pekanbaru yang diambil dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa bahwa skor rata-rata keterampilan proses sains siswa berdasarkan lembar observasi adalah 73% dengan kategori baik, dan berdasarkan soal post-test diperoleh skor rata-rata sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Group Investigation, Laju Reaksi