Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul yang valid, praktis dan dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kampar Utara. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Utara. Objek penelitian adalah modul berbasis Discovery Learning. Jenis data dalam penelitian ini berupa dat kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kuantitatif dan analisis deskriftif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis Discovery Learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,1%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis discovery learning dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 84,06%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematika siswa, modul berbasis discovery learning sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa dengan persentase tingkat penguasaan pemahaman konsep yaitu 82,59% yang termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematika.