PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KAMPAR
ctrlnum |
16907 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KAMPAR</title><creator>Enda Sri Lestari, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi
Eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi
quantum learning terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari
kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 4 Kampar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kampar tahun
pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 86 siswa dan sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII
2
sebagai kelas kontrol.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik
analisis data menggunakan uji-t, uji korelasi (pearson product moment) dan anova
dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)
Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang
diterapakan strategi quantum learning dengan siswa yang tidak diterapkan strategi
quantum learning. Pengujian hipotesis bahwa terdapat perbedaan antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Hasilnya diperoleh dan
pada taraf signifikan . Maka nilai yang berarti
diterima.2) Adanya kontribusi yang diberikan kemampuan awal siswa terhadap
kemampuan penalaran matematis yakni dan sisanya ditentukan
oleh faktor lain. 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan
kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yakni
=1,84 dan nilai yang berarti diterima.
Berdasarkan pemaparan tersebut, secara umum pembelajaran dengan strategi
quantum learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis. 
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII
1

Kata Kunci: Strategi Quantum Learning, Kemampuan Penalaran Matematis,
Kemampuan Awal Siswa</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/2/02.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/3/03.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/6/06.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/7/07.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/8/08.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/9/09.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/10/10.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/16907/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Enda Sri Lestari, - (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>16907</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Enda Sri Lestari, - |
title |
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KAMPAR |
publishDate |
2019 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/16907/1/01.%20COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/2/02.%20PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/3/03.%20ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/4/04.%20PENGHARGAAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/5/05.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/6/06.%20BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/7/07.%20BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/8/08.%20BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/9/09.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/10/10.%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/16907/ |
contents |
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi
Eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi
quantum learning terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari
kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 4 Kampar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kampar tahun
pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 86 siswa dan sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII
2
sebagai kelas kontrol.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik
analisis data menggunakan uji-t, uji korelasi (pearson product moment) dan anova
dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)
Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang
diterapakan strategi quantum learning dengan siswa yang tidak diterapkan strategi
quantum learning. Pengujian hipotesis bahwa terdapat perbedaan antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Hasilnya diperoleh dan
pada taraf signifikan . Maka nilai yang berarti
diterima.2) Adanya kontribusi yang diberikan kemampuan awal siswa terhadap
kemampuan penalaran matematis yakni dan sisanya ditentukan
oleh faktor lain. 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan
kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yakni
=1,84 dan nilai yang berarti diterima.
Berdasarkan pemaparan tersebut, secara umum pembelajaran dengan strategi
quantum learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis.
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII
1
Kata Kunci: Strategi Quantum Learning, Kemampuan Penalaran Matematis,
Kemampuan Awal Siswa |
id |
IOS7815.16907 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:13:22Z |
last_indexed |
2019-08-22T12:18:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822019413180416 |
score |
17.538404 |