Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan full day school dalam pembentukan karakter religius siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Pekanbaru. Penelitan ini merupakan penelitian Kuantitatif. Sebagaimana subjek dalam penelitian ini adalah siswa, kepala sekolah, dan guru SMP Muhammadiyah 01 Pekanbaru, dan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan full day school dalam membentuk karakter religius. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Pekanbaru yang berjumlah 221 siswa dari 6 kelas. Sedangkan sampelnya diambil 69 orang. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Variabel dalam penelitan ini adalah pelaksanaan full day school dalam pembentukan karaktr religius. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisa data menggunakan analisis deksriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah di analisa, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan full day school dalam pembentukan karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 01 Pekanbaru,dikategorikan “Sangat Baik” hal ini dapat dilihat dari hasil akhir presentasennya sebesar 82.62%. Sedangkan faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan full day school dalam pembentukan karakter religius siswa adalah: (a) faktor kurikulum (b) faktor sumber daya manusia (c) faktor menejemen pendidikan (d) faktor sarana dan prasarana (e) faktor pendanaan. Kata Kunci : Full Day School, Pembentukan Karakter Religius Siswa