Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dilengkapi media Mind Mapping terhadap motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi dengan desain penelitian pretest-posttest control group design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI IPA di MAN 1 Indragiri Hilir. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Indragiri Hilir yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang terdiri dari 6 indikator. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, dimana diperoleh nilai ttest = 5.278 dan ttabel = 1.674 atau nilai sig. 2 tailed < 0.05 yaitu 0.000. Jika nilai ttest > ttabel atau nilai sig. 2 tailed < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dilengkapi media Mind Mapping terhadap motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen I sebesar 73.55% dengan kategori tinggi serta 57.42% pada kelas eksperimen II dengan kategori sedang. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Mind Mapping, Motivasi Belajar, Laju Reaksi.