Daftar Isi:
  • CV. Reza Motor adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan mobil bekas di Pekanbaru. Pengolahan data penjualan dan pembelian masih dikerjakan secara konvensional, yang mana pengolahan datanya masih menggunakan microsoft excel, semua laporan dan buku besar disimpan dalam lemari arsip. Media promosi pada CV. Reza Motor masih sangat terbatas yang mana dipromosikan melalui koran, brosur dan juga media sosial. Hal tersebut dapat memakan waktu yang lama dan tenaga yang banyak dan hasilnya terkadang juga masih harus dikoreksi lagi karena masih ada kesalahan. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan salah satu cara dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam pengolahan data. Dengan seiring perkembangan teknologi maka perlu adanya pembuatan media promosi dan penjualan berbasis website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi transaksi serta media promosi yang mana membantu CV. Reza Motor dalam pengolahan data dan memasarkan produknya ke masyarakat luasdi kota Pekanbaru. Perancangan sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis Design (OOAD)dan menggunakan metode Spiral sebagai penerapan tahapan pengembangannya serta menggunakan metode Blackbox pada proses pengujian sistem. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi transaksi yang mana membantu CV. Reza Motor dalam mengelola data penjualan dan pembelian, serta membantu pihak marketing dalam mempromosikan mobil yang ada pada CV. Reza Motor. Kata Kunci: Blackbox, OOAD, Sistem Informasi, Spiral