Daftar Isi:
  • Media massa pada era teknologi, media internet (Online). saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan setiap lembaga. Hal ini sangat dirasakan manfaat serta kegunaannya bagi perkembangan suatu sktor daerah contonya pada sektor pariwisata. Riaupos.co dalam bekerjasama dengan Menteri Pariwisata Republik Indonesia, bagaimana sumber daya manusia pada Riaupos.co tersebut dalam mempromosikan potensi pariwisata yang bisa dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana isi dari pemeberitaan pariwisata di Provinsi Riau dipublikasi oleh media Online Riaupos.co. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi kuantitatif. Riaupos.co memberitakan sebanyak 32 berita selama bulan Agustus 2017 sampai September 2017 terkait berita Pariwisata di Provinsi Riau. Dari edisi Agustus 2017 sampai September 2017 tersebut penulis menjumlahkan menurut kajian analisis isi kuntitatif. Hasil penelitian pada bulan Agustus 2017 terkait pariwisata di Provinsi Riau sebanyak 14 berita, maka penulis menemukan Aksesibilitas (AS) sebanyak 25 peresentasenya berjumlah 20,66%. Akomodasi (AI) sebanyak 29 perenstasenya 23,96%. Atraksi (AT) sebanyak 67 peresentasenya 55,37%. Jumlah dari bulan Agustus 2017 sampai Sepetember 2017 terkumpul 32 berita terkait pariwisata di Provinsi Riau, Aksesibilitas (AS) sebanyak 92 peresentasenya 29,11%. Akomodasi (AI) sebanyak 90 peresentasenya 28,48%. Atraksi (AT) sebanyak 134 peresentasenya 42,40%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberitaan terkait pariwisata di Provinsi Riau bahwa penggunaan Atraksi (AT) terbanyak dari jumlah total 32 berita peresentasenya 42,40%. Sedangkan penggunaan paling sedikit Akomodasi (AI) 28,48%. Riaupos.co bukan tidak memberitakan AS dan AI, hanya menjelasakan AS dan AI sekilas saja, karena AT dan AI hanya untuk menjelaskan lokasi dan fasilitas di lokasi yang diberitakan. Kata kunci: Pemberitaan, Media Online, Riaupos.co, Pariwisata