Daftar Isi:
  • Indonesia Idol adalah adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari Fremantle Media yang bekerjasama dengan Rajawali Citra Televisi Indoensia (RCTI). Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. sedangkan minat adalah perhatian, kecenderungan hati kepada suatu keinginan. Sedangkan sanggar Kasimiyah adalah merupakan sanggar band atau bisa disebut juga dengan sanggar musik modern yang di dalamnya terdapat berbagai jenis seni, diantaranya ada vocal, bass, gitar, drum dan tari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat menonton Sanggar Kasimiyah terhadap tayangan Indonesian Idol dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat anggota sanggar Kasimiyah dalam menonton tayangan Indonesian idol di RCTI. Metode yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan penelitian maka diperoleh minat menonton Indonesian Idol adalah 82,6% yang artinya mahasiswa sanggar kasimiyah berminat dalam menonton tayangan Indonesian Idol di RCTI. Hal ini dapat dilihat dari hasil minat menonton tayangan Indonesian Idol dengan hasil hitug r hitung ≥ r tabel, maka intem-intem pertanyaan dinyatakan valid. Jika r tabel diperoleh dengan persamaan n-2 = 69-1=68 = 0,235 (lihat tabel r). dan dari tabel diatas diperoleh nilai r hitung seluruh pernyataan > r tabel (0,235). Artinya adalah alat ukur yang digunakan valid. Dan juga diukur dengan hasil reabilitas data jika nilai reabilitas kurang dari 0,6 maka alat ukur yang dengan yang digunakan tidak reliabe. Dari hasil uji reabilitas yang peneliti uji diperoleh nilai Cronbach’s seluruh variabel > 0,6. Artinya alat ukur yang digunakan reliable dapat dipercaya. Kata Kunci : Minat Menonton Tayangan Indonesian Idol