Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam tesis ini adalah, kualitas dari suatu proses pendidikan tergantung pada kreatifitas dan inovasi yang dimiliki guru. Guru sebagai faktor yang sangat dominan dan penting dalam pendidikan formal. Dominannya peran guru tergambar dari efektivitas kerja guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas adalah lingkungan dan fasilitas kerja. Lingkungan kerja menyangkut tata ruang, cahaya alam dan pengaruh suara yang mempengaruhi konsentrasi seseorang karyawan sewaktu bekerja. Fasilitas kerja mencakup sarana dan peralatan yang disediakan oleh pimpinan dalam bekerja. Penomena Permasalahan efektivitas kerja guru terjadi pada sekolah Madrasah Aliyah se-Kec. Kampa, Kabupaten Kampar. Penelitian awal di lakukan di MAS Kampar Timur dan MA Islamic Centre serta MA PP Anshorullah Pl Birandang. Pada studi awal tersebut ditemukan rendahnya efektivitas kerja guru yang ideal. Efektivitas kerja guru seharusnya meningkat, karena tingkat pendidikan guru sangat memadai, sebab gurunya rata-rata berpendidikan Strata satu (S1) dan Strata dua (S2). Atas dasar itu, penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian, dengan tujuan menjawab pertanyaan tentang pengaruh lingkungan kerja dan fasilitas kerja terhadap efektivitas kerja guru di Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar baik secara sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) melalui survei dan kusioner dengan pola hubungan antara variabel penelitian yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian ilmiah yang sistematis menjelaskan bagian-bagian dan fenomena serta hubungan antar variable. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja dan fasilitas kerja terhadap efektivitas kerja guru di Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar baik secara sendiri maupun bersama-sama. Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Fasilitas Kerja, Efektivitas Kerja Guru