Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi bahwa mekanisme penentuan harga merupakan hal penting dalam aspek pemasaran, harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga sangat menentukan laku tidaknya produk atau jasa. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahnnya ialah bagaimana cara para pengusaha menentukan harga pada usaha fotocopy dan percetakan. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis membuat rumusan masalah yaitu Bagaimana mekanisme penentuan harga pada usaha fotocopy dan percetakan? Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap mekanisme penentuan harga pada usaha fotocopy dan percetakan?. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha fotocopy dan percetakan yang berjumlah 15 pengusaha. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik total sampling, dimana semua populasi dijadikan sampel. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara. Dengan teknik penulisan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga terbentuk atas adanya tawar menawar antara pemilik usaha dengan konsumen. Harga yang diberikan di sesuaikan dengan kebutuhan kemampuan konsumen. Pengusaha memberikan atau menawarkan harga sesuai kebutuhan konsumen, menawar sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan konsumen. Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat usaha percetakan sangat berperan di karenakan usaha ini mampu mempekerjakan karyawan. Dalam prinsip ekonomi Islam, harga itu tidak ditentukan karena dalam sistem ekonomi Islam tujuan utama dalam melakukan transaksi yaitu mencapai Ridho Allah yang berdasar pada nilai-nilai Ilahiah demi mewujudkan kemaslahatan. Usaha percetakan telah sesuai dengan prinsip dan sistem ekonomi Islam yang mana tujuan transaksi untuk mencapai Ridho Allah.