Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan hasil penelitian terdahulu terkait pengaruh reputasi organisasi terhadap kepercayaan muzakki. Dimana penelitian yang telah dilakukan sebelumnya ada yang berpengaruh signifikan dan ada yang tidak berpengaruh sama sekali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganilis pengaruh antara reputasi organisasi terhadap kepercayaan muzakki,bagaimana tinjauan ekonom islam tentang pengruh reputasi organisasi terhadap kepecayaan muzakki di Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Pekanbaru. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara reputasi organisasi terhadap kepercayaan muzakki, bagaimanakah reputasi organisasi lembaga amil zakat Swadaya Ummah Pekanbaru menurut muzakki. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, sumber data yang digunakan adalah data premier, sekunder dan tertier. Sebanyak 11.216 muzakki yang ada di LAZ Swada Ummah, diambil sampel sebayak 99 responden, pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus slovin. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah anilis statistik deskriptif. Setelah penulis melakukan penelitian, dapat diketahui bahwa reputasi LAZ Swadaya Ummah Pekanbaru tergolong baik, kemudian hubungan dengan pengujian hipotesis penelitian didapatkan hasil terdapat pengaruh yang signifikan anatara reputasi organisasi terhadap kepercayaan muzakki. Berdasarkan koefisien korelasi (R) menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,555 > R tabel 5% (99-2) 0,198. Hal ini terjadi hubungan yang sangat erat antara reputasi organisasi terhadap kepercayaan muzakki karena nilai mendekati 1. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y=10,973 + 0,2,07X. Nilai 10,973 merupakan konstanta yang apabila variabel bebas dianggap nol (0) maka nilai Kepercayaan Muzakki sebesar 10,973. Nilai 0,207 merupakan koefisien regresi Reputasi Organisasi. Artinya setiap peningkatan reputasi organisasi sebesar 1, maka akan meningkatkan kepercayaan muzakki sebesar 0,207, dengan asumsi variabel lain tetap. Tinjauan ekonomi Islam tentang pengaruh reputasi organisasi terhadap kepercayaan muzakki di lembaga amil zakat Swadaya Ummah Pekanbaru telah sesuai dengan persfektif ekonomi syariah, karena LAZ Swadaya Ummah telah melakukan 5 faktor dasar pembentuk reputasi organisasi yang seuai menurut ekonomi islam yaitu komunikasi, sikap profesionaisme, kepercayaan publik, inovasi produk, dan tanggung jawab sosial.