HUBUNGAN MOTIF TERHADAP KEPUASAN PENONTON PADA PROGRAM HITAM PUTIH DI TRANS7(Studi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan anatara motif dengan kepuasan mahasiwa Ilmu Komunikasi dalam menonton tayangan program Hitam Putih di Trans7. Media sudah memiliki pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Hal itulah yang mendorong sesorang untuk mencari dan memilih media yang di gunakan. Televisi merupakan jenis media massa yang masih terjaga eksistensinya. Mulai dari anak-anak, sampai orang dewasa menikmati televisi. Salah satu program televisi yang saat ini hadir ditengah-tengah masyarakat yaitu program Hitam putih Trans 7. Berbagai stasiun televisi berlomba mengemas program yang mampu menghibur, menarik dan memberikan pesan-pesan yang dapat diserap oleh penonton. Mulai dari penentuan tempat, materi, sampai pemilihan narasumber. Program Talk Show seperti Hitam Putih menjadi salah satu program pilihan untuk memuaskan kebutuhan akan informasi dan hiburan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara motif dengan kepuasan penonton pada tayangan Hitam Putih di Trans7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification. Pendekatan Uses and Gratification yang melihat bagaimana khalayak menggunakan media massa sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Khalayak aktif memilih media mana yang ingin di konsumsi. Gratification Sought dan Gratification Obtained adalah dua variabel yang akan dihitung perbandingan skornya. Pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Untuk mencari hubungan, peneliti menggunakan korelasi product moment (r pearson). Untuk indikator GS dan GO yaitu; informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, dan hiburan. Populasi penelitian ini adalah mahasiwa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA RIAU,sampel sebanyak 74 orang yang memenuhi syarat yaitu merupakan mahasiswa yang terdaftar menjadi mahasiswa aktif di konsentrasi broadcasting Ilmu Komunikasi UIN SUSKA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa r > 0. Dapat di simpulkan bahwa kepuasan yang didapat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam tayangan program hitam putih sejalan atau berhubungan dengan kepuasan yang dicari atau motif. Kata kunci: Kepuasan, Motif, gratification sought, gratification obtained, mahasiswa, Hitam Putih