STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN AGAM DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN AGAM
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan daerah terutama peningkatan ekonomi, gaya hidup, dan kesejahteraan sosial. Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah tujuan wisata dengan beragam destinasi wisata. Untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Agam kepada masyarakat luas diperlukan suatu strategi komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Agam. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi dengan menentukan komunikator, menentukan pesan, pemilihan media, mengenali sasaran dan menetapkan metode. Teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian yaitu Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam menjadi komunikator dari internal instansi dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga independen, duta wisata, pelaku usaha jasa wisata serta instansi pemerintahan terkait sebagai komunikator dari eksternal instansi. Pesan yang disediakan berupa informasi terkait objek wisata serta menggunakan slogan dan logo khusus untuk memberikan kesan khusus bagi pariwisata di Kabupaten Agam. Media yang digunakan ialah media cetak, elektronik dan media internet. Dalam mengenali sasaran tidak dibagi kedalam beberapa kelompok melainkan lebih mendalami penyampaian informasi yang bisa diterima oleh semua kalangan. Metode yang digunakan ialah metode informatif dan metode pendidikan dengan bentuk promosi wisata melalui media massa, event, pameran. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Promosi, Pariwisata