IMPLEMENTASI E-TICKETING PADA PENJUALAN TIKET PT. PUTRAMAJU GLOBAL INDONESIA
Daftar Isi:
- Meningkatnya teknologi dan ilmu pengetahuan mempengaruhi kinerja perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Pada dunia bisnis dimanfaatkan oleh perusahaan untuk diterapkan pada sebuah sistem penjualan tiket. Saat ini sistem penjualan tiket di PT. Putramaju Global Indonesia masih sederhana dan manual yaitu penumpang datang keloket perusahaan. Dengan penerapan e-ticketing yang berbasis website bertujuan untuk membangun sistem e-ticketing penjualan tiket keberangkatan pada PT. Putramaju Global Indonesia. Beberapa permasalahan saat ini yaitu, ketidaktahuan penumpang tentang tiket yang telah terjual dan sisa tiket sehingga terjadi antrean yang cukup panjang pada musim liburan atau peak season, pemasaran yang hanya sebatas offline, pembuatan laporan harus merekap tiket satu persatu, tentunya langkah tersebut kurang efisien dalam penghematan waktu. Pemasaran yang hanya sebatas offline sedangkan rute yang dilewati merupakan jalur yang ramai. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem yang dapat mengelola penjualan tiket di PT. Putramaju Global Indonesia. Sistem dibangun berbasis web dengan penerapan e-ticketing untuk mempermudah penumpang dalam pembelian tiket. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall dan unified modeling language (UML), sistem yang dibuat diuji menggunakan metode blackbox dan I (UAT). Hasil penelitian berupa sistem e-ticketing berbasis web yang dapat membantu penumpang dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket secara online. Kata Kunci: e-ticketing, pemesanan tiket, PT. Putramaju Global Indonesia, website