Daftar Isi:
  • Kurangnya penguasaan materi pembelajaran bagi siswa sebelum mengikuti Ujian Nasional Bebasis Komputer akan berdampak kepada menurunnya kepercayaan diri Siswa, maka dalam hal ini sangat dibutuhkan Komunikasi Interpersonal guru dalam membangun kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal Guru Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Untuk Menghadapi UNBK di MAN 2 Model Pekanbaru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Joseph de Vito, dengan pendekatan aspek humanistik yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah guru matapelajaran yang bersangkutan dalam UNBK dan Siswa kelas XII. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal guru dalam menanamkan kepercayaan diri, guru memotivasi siswa dengan menerapkan metode tertentu yakni melakukan pendekatan dan berperan sebagai teman bagi siswa, untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi pembelajaran guru melakukan langkah dengan menerapkan metode pengorganisasian pembelajaran. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri