Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa adanya remaja panti asuhan as-shohwah pekanbaru yang kurang mampu mengaktualisasikan diri tidak seperti remaja pada umunya, hal ini berpengaruh terhadap pergaulan dan lingkungan. Untuk itu diperlukan Bimbingan Agama Islam yang bertujuan sebagai usaha pemberian bantuan secara berkesinambungan berdasarkan konsep Al-Quran dan Sunnah dalam mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal serta mampu mencapai kemandirian sehingga dapat memperoleh kebahagian hidup di dunia dan akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode Bimbingan Agama Islam dalam mengembangkan aktualisasi diri remaja Panti Asuhan As-Sohwah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah 2 orang pembimbing agama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan metode Bimbingan Agama Islam yang dilaksanakan oleh pembimbing agama kepada remaja panti sudah berjalan baik dengan menerapkan 3 metode, yaitu komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung dan metode kelompok dengan program unggulan yang islami yaitu program tahsin membaca, mentadabbur, mengaplikasikan isi ayat suci Al-Qur’an. Kata Kunci: Metode Bimbingan Agama Islam, Aktualisasi Diri