PENERAPAN PEMILIHAN PRODUK TUPPERWARE TERLARIS MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (F-AHP)
Daftar Isi:
- PT Bumi Padang Gempita merupakan salah satu distributor produk Tupperware di Indonesia yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat. Dengan proses distribusi yang mencakup satu provinsi, PT Bumi Padang Gempita memiliki sales force yang berlokasi di setiap kabupaten maupun kota di Sumatera Barat, salah satunya Unit Simabur Indah yang berlokasi di kabupaten Tanah Datar, tepatnya di kota Batusangkar. Dalam proses jual beli produk Tupperware tentu ada faktor yang mempengaruhi, sehingga menimbulkan permasalahan dimana ada produk yang diminati dan juga kurang diminati yang menyebabkan penumpukan stok barang. Oleh sebab itu dilakukan penelitian penerapan pemilihan produk terlaris dengan menggunakan metode fuzzy AHP. Fuzzy AHP adalah salah satu metode yang digunakan untuk perangkingan. Kriteria yang digunakan yaitu harga, promo, jenis produk, dan bahan produk. Data yang digunakan yaitu data barang katalog promo pada tahun 2018 dengan total data 245 data produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hasil perangkingan produk tupperware berdasarkan popularitas dan dengan hasil UAT bernilai 91% yang berarti sistem sangat disetujui oleh pengguna. Kata Kunci: Fuzzy AHP, Perangkingan, Tupperware