Daftar Isi:
  • Rumah Sakit Az-zahra Ujung Batu awalnya merupakan sebuah klinik rumah bersalin hingga akhirnya mendapatkan izin mendirikan rumah sakit sejak bulan September tahun 2012 dengan berbagai pelayanan kesehatan seperti pelayanan rekam medis. Adapun masalah yang terjadi saat ini adalah pelayanan rekam medis yang dilakukan secara manual dengan melakukan pencatatan kedalam buku besar saat pasien mendaftar untuk berobat yang kemudian di-input kembali ke Microsoft Excel.Proses manual ini dirasakan kurang efektif sehingga memperlambat kinerja pegawai rekam medis rumah sakit Az-zahra. Hal ini dikarenakan belum adanya sistem untuk pengelolaan rekam medis tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah Sistem Informasi Rumah Sakityang bisa membantu dalam melakukan proses pendataan dan pelayanan rekam medis sehingga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang ditimbulkan akibat kelalaian pegawai rekam medis yang berdampak buruk bagi peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Sistem Informasi Rumah Sakit ini menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall, analisa dan perancangan menggunakan metode OOAD dan tools perancangan sistem menggunakan UML,serta pengujian sistem menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT) dan Blackbox. Dari pengujian Sistem Informasi Rumah Sakityang telah dilakukan, maka keluaran yang dihasilkan oleh sistem sudah sesuai dengan yang diharapkan, tidak ada indikasi error pada saat dilakukan pengujian. Dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi yang dibangun telah memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Kata Kunci: OOAD, Rumah Sakit Az-zahra, Sistem Informasi,UML, Waterfall