Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di MTs Kecamatan Salo Kabupaten Kampar
Daftar Isi:
- Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal di bawah naungan Kementerian Agama secara keseluruhan telah menerapkan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015. Pelaksanaan kurikulum dalam proses pembelajaran pada hakikatnya sangat dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya kesesuaian kompetensi pendidik dengan kurikulum, penguasaan isi dan substansi kurikulum yang menyangkut diantaranya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di MTs Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Populasi penelitian ini sebanyak 67 guru dan semua populasi dijadikan sebagai sempel. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan regresi berganda, dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di MTs Kecamatan Salo, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, besar kontribusinya 45,8%. Untuk Kompetensi Profesional menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dengan nilai signifikan 0,147 > 0,05, besar kontribusi hanya 33,9%. Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pelaksanaan kurikulum 2013, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya kontribusi Adjusted R square (Adj R2) sebesar 0,460, menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama memiliki pengaruh kontribusi sebesar 46,0%, sedangkan sisanya 54,0% dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.