Daftar Isi:
  • Pekanbaru Store telah menerapkan sebuah websitee-Commerce yang bernama pekanbaru store.com. Dalam penerapan websiteini terdapat beberapa kendala yaitu,menu resi yang dapat diakses seluruh pengunjung tanpa harus log in,beberapa menu yang penting tidak berisi informasi apapun dan tidak aktifnya kolom komentar pada website sehingga pengunjung tidak dapat memberikan feedbac kpada website Pekanbaru Store. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas website terhadap kepuasan pengguna berupa kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi layanan. Pada penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari 4variabel yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan dan kepuasan pengguna. Pengambilan data melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan jenis penelitian deskriptif, kuantitatif, serta alat pengolahan data menggunakan Software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 20.0 forWindows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi, R Squareadalah 0,208yang berarti 20,8% variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikatnya. Sedangkan 79,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti pada penelitian ini, seperti variabel pengalaman yang terdapat pada WebQual1.0, konstruk will delivered as promised pada variabel kualitas layanan website pada WebQual3.0. Dari hasil analisis regresi linier berganda terlihat bahwa kualitas kegunaan memberikan signifikan sebesar 0,88, kualitas informasi memberikan signifikan sebesar 0,69 dan kualitas interaksi layanan memberikan signifikan sebesar 0,005.Dari hasil tersebut maka diberikan rekomendasi agar pihak PekanbaruStorelebih memperhatikan tata letak menu, memberikan informasi yang sesuai di setiap menu dan mengaktifkan kolom komentar agar suasana komunitas pada websitedapat tercipta.Kata kunci:Evaluasi Kualitas Website e-Commerce,PekanbaruStore, SPSS,WebQual4.0, Website