MANAJEMEN PELAYANAN PT. ARMINAREKA PERDANA CABANG PEKANBARU DALAM PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai manajemen pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah di PT. Arminareka Perdana Cabang Pekanbaru. Pada penelitian ini ternyata terdapat kekecewaan jamaah terhadap pelayanan PT. Armineka Perdana ini dalam penyelenggaraan haji dan umrah. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen pelayanan PT. Armineraka Perdana Cabang Pekanbaru dalam menyelenggarakan Haji dan Umroh dan bagaimanan manajemen pelayanan PT. Arminareka menurut ekonomi syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan PT Arminareka Perdana Cabang Pekanbaru dalam penyelenggaraan haji dan umroh ditinjau dari perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 orang jamaah haji dan umrah dan 4 orang pengurus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidential sampling yaitu mengambil sampel dari responden yang dapat ditemui pada saat penelitian sebanyak 40 orang jamaah dan 4 orang pengurus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan di PT Arminareka sudah baik tetapi masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dalam pelayanan, yaitu dalam menyediakan tempat tunggu, lambatnya dalam merespon keluhan jamaah. Ditinjau menurut ekonomi syariah, manajemen pelayanan PT. Arminareka Perdana Cabang Pekanbaru belum sesuai dengan prinsip syariah karena sudah shiddiq, amanah, tabligh, istiqamah dalam memberikan pelayanan. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan, Pelayanan menurut Ekonomi Syariah