Daftar Isi:
  • Media sosial merupakan sarana penting bagi seorang individu untuk memberikan informasi baik tentang berita politik, peristiwa, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Namun kadang kala informasi yang disebarluaskan oleh media sosial tidak akurat bahkan ada yang hoax. Beberapa media yang kerap menimbulkan permasalahan dan banyak digunakan oleh masyarakat terutama mahasiswa, yaitu media sosial facebook dan instagram. Facebook dan instagram sangat diminati oleh mahasiswa, karena mereka menganggap semua informasi yang ada disana sangat penting dan enggan untuk ketinggalan. Kekuatan media sosial sendiri sangat berperan penting bagi mahasiswa, karena dengan menggunakan media sosial mereka merasa bahwa semua aktivitas bisa dikerjakan disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media sosial sebagai sumber informasi faktual bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi UIN Suska Riau. Adapun media sosial yang dimaksud dalam penelitian ini sesuai batasan masalah yaitu media sosial facebook dan instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu mahasiswa jurusan ilmu komunikasi angkatan 2014 yang berjumlah 334 orang. Sampel ditarik menggunakan rumus slovin, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yakni penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 77 responden. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase yaitu analisis yang menggunakan tabel yang selanjutnya dijelaskan dalam bentuk kalimat-kalimat. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial facebook dan instagram yang digunakan oleh mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau sebagai sumber informasi faktual memperoleh hasil persentase sebesar 76,55. Hal ini menunjukan bahwa media sosial facebook dan instagram sangat efektif untuk dijadikan sebagai sumber informasi faktual bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau. Kata kunci : Efektivitas, Media Sosial, Facebook, Instagram, Informasi, Faktual, Mahasiswa