Daftar Isi:
  • D’Academy Asia 3 , program acara ini adalah sebuah bentuk nyata budaya popular yang mewah di Indonesia. D’Academy Asia adalah suatu ajang kompetisi menyanyi dangdut terbesar di asia yang diikuti oleh peserta dari beberapa Negara di Asia yaitu Indonesia, Malaysia, BruneiDarussalam, Singapura, Timur Leste, dan Thailand. Acara ini berpengaruh terhadap pengetahuan lagu dangdut sanggar kasimiyah dalam membuat suatu acara kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara menonton D’Academy Asia 3 terhadap Pengetahuan Lagu Dangdut Sanggar Kasimiyah UIN SUSKA RIAU dan seberapa besarkah pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan teori Kegunaan dan Gratifikasi dan komunikasi massa, pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data di peroleh melalui penyebaran kuesioner kepada 142 sampel dari 220 populasi sanggar kasimiyah UIN SUSKA RIAU untuk memperoleh data. Dari hasil olah data memakai alat bantu SPSS 20. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi yaitu positif dengan nilai 0,628 dan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan nilai interprestasi (β = 0,628) menunjukan bahwa variabel X memiliki pengaruh kontribusi yang kuat terhadap variabel Y karena berada pada interval 0,60 – 0,799. dan dikatakan signifikan karena 0,000 lebih kecil dari 0,05. dan hasil uji regresi linier sederhana didapatkan adanya kontribusi pengaruh dalam menonton D’Academy Asia 3 terhadap pengetahuan lagu dangdut, variabel X dan variabel Y sebesar 0,628 dengan nila signifikan 0,000. dan berdasarkan hasil uji hipotesis thitung > ttabel atau 9,557 > 1,656, maka Ha diterima dan Ho ditolak (Signifikan). Kata Kunci : D’academy Asia 3, Pengetahuan , Teori Kegunaan dan Gratifi kasi