Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan instagram terhadap etika komunikasi mahasiswa UIN Suska Riau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivisme yaitu pendekatan untuk mengungkapkan kebenaran realitas yang ada dan bagaimana realitas tersebut senyatanya berjalan Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dan pusposive sampling, yaitu 394 responden yang diambil berdasarkan kuota dan kriteria – kriteria dari jumlah setiap fakultas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teori S-O-R oleh Hovland, et.al. Pengujian hubungan antara penggunaan instagram terhadap etika komunikasi menggunakan uji korelasi product moment. Sedangkan untuk pengujian pengaruh penggunaan instagram terhadap etika komunikasi menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji korelasi product moment menunjukkan bahwa penggunaan instagram(X) terdapat hubungan yang cukup kuat terhadap etika komunikasi(Y) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,598. Dari hasil uji regresi linier sederhana diperoleh signifikasi sebesar 0,000 yang berarti penggunaan instagram (X) berpengaruh terhadap etika komunikasi(Y) karena 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan nilai interpretasi (β = 0,598) maka penggunaan instagram dengan etika komunikasi memiliki pengaruh yang kuat karena pada interval 0,40 – 0,599. Kata Kunci : Instagram,Etika Komunikasi.