ctrlnum 15767
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/</relation><title>Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian&#xD; Autentik di SMK Muhammadiyah Kota&#xD; Pekanbaru</title><creator>M.IHSAN, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan guru PAI&#xD; melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru dan&#xD; kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam penilaian autentik di SMK&#xD; Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah&#xD; penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian&#xD; deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara,&#xD; observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan&#xD; penarikan kesimpulan. &#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru PAI dalam&#xD; melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMK&#xD; Muhammadiyah 2 Pekanbaru dinilai pada 3 aspek (1) pada aspek sikap, guru&#xD; cendrung menggunakan blangko penilaian autentik dari absensi siswa; (2) pada&#xD; aspek pengetahuan, dalam tes tertulis guru PAI menggunakan bentuk pilihan&#xD; ganda dan uraian, dalam tes lisan oleh guru PAI melakukan cara dengan langsung,&#xD; baik secara individu maupun berkelompok, dan bentuk soalnya harus bervariasi&#xD; serta cara penilaian penugasan dari tugas harian, ulangan, PR, pengayaan dan&#xD; remedial berdasarkan buku panduan mata pelajaran yang digunakan; dan (3) pada&#xD; aspek keterampilan, guru PAI melaksanakan unjuk kerja berdasarkan Silabus dan&#xD; RPP sementara itu dalam penilaian portofolio guru PAI menilai dari tugas-tugas&#xD; siswa. &#xD; Kendala yang dihadapi dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1&#xD; dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah (1) guru PAI tidak pernah&#xD; mengikuti pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara pelaksanaan dan&#xD; penggunaan format penilaian autentik sebenarnya; (2) hanya mendapatkan&#xD; informasi dari teman sejawat cara penggunaan dan pelaksanaanya secara&#xD; otodidak; (3) terlalu banyaknya yang dinilai; (4) harus memiliki waktu yang&#xD; maksimal dalam mengolahnya; (5) terlalu banyaknya blangko yang diisi dan &#xD; disediakan pihak sekolah dan; (6) adanya regulasi atau peraturan menteri yang&#xD; selalu berubah-rubah.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Penilaian Autentik</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/1/1.%20201846TPAI_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/2/2.%20201846TPAI_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/3/3.%20201846TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/4/4.%20201846TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/5/5.%20201846TPAI_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/6/6.%20201846TPAI_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/7/7.%20201846TPAI_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/8/8.%20201846TPAI_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/9/9.%20201846TPAI_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/10/10.%20201846TPAI_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/11/11.%20201846TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> M.IHSAN, (2018) Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian Autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15767</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M.IHSAN,
title Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian Autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru
publishDate 2018
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/15767/1/1.%20201846TPAI_COVER.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/2/2.%20201846TPAI_PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/3/3.%20201846TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/4/4.%20201846TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/5/5.%20201846TPAI_ABSTRAK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/6/6.%20201846TPAI_BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/7/7.%20201846TPAI_BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/8/8.%20201846TPAI_BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/9/9.%20201846TPAI_BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/10/10.%20201846TPAI_BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/11/11.%20201846TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan guru PAI melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru dan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru PAI dalam melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dinilai pada 3 aspek (1) pada aspek sikap, guru cendrung menggunakan blangko penilaian autentik dari absensi siswa; (2) pada aspek pengetahuan, dalam tes tertulis guru PAI menggunakan bentuk pilihan ganda dan uraian, dalam tes lisan oleh guru PAI melakukan cara dengan langsung, baik secara individu maupun berkelompok, dan bentuk soalnya harus bervariasi serta cara penilaian penugasan dari tugas harian, ulangan, PR, pengayaan dan remedial berdasarkan buku panduan mata pelajaran yang digunakan; dan (3) pada aspek keterampilan, guru PAI melaksanakan unjuk kerja berdasarkan Silabus dan RPP sementara itu dalam penilaian portofolio guru PAI menilai dari tugas-tugas siswa. Kendala yang dihadapi dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah (1) guru PAI tidak pernah mengikuti pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara pelaksanaan dan penggunaan format penilaian autentik sebenarnya; (2) hanya mendapatkan informasi dari teman sejawat cara penggunaan dan pelaksanaanya secara otodidak; (3) terlalu banyaknya yang dinilai; (4) harus memiliki waktu yang maksimal dalam mengolahnya; (5) terlalu banyaknya blangko yang diisi dan disediakan pihak sekolah dan; (6) adanya regulasi atau peraturan menteri yang selalu berubah-rubah. Kata Kunci : Penilaian Autentik
id IOS7815.15767
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:12:37Z
last_indexed 2019-07-31T02:12:37Z
recordtype dc
_version_ 1674822011646377984
score 17.538404