Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian Autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru
ctrlnum |
15767 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/</relation><title>Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian
Autentik di SMK Muhammadiyah Kota
Pekanbaru</title><creator>M.IHSAN, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan guru PAI
melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru dan
kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam penilaian autentik di SMK
Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru PAI dalam
melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMK
Muhammadiyah 2 Pekanbaru dinilai pada 3 aspek (1) pada aspek sikap, guru
cendrung menggunakan blangko penilaian autentik dari absensi siswa; (2) pada
aspek pengetahuan, dalam tes tertulis guru PAI menggunakan bentuk pilihan
ganda dan uraian, dalam tes lisan oleh guru PAI melakukan cara dengan langsung,
baik secara individu maupun berkelompok, dan bentuk soalnya harus bervariasi
serta cara penilaian penugasan dari tugas harian, ulangan, PR, pengayaan dan
remedial berdasarkan buku panduan mata pelajaran yang digunakan; dan (3) pada
aspek keterampilan, guru PAI melaksanakan unjuk kerja berdasarkan Silabus dan
RPP sementara itu dalam penilaian portofolio guru PAI menilai dari tugas-tugas
siswa. 
Kendala yang dihadapi dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1
dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah (1) guru PAI tidak pernah
mengikuti pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara pelaksanaan dan
penggunaan format penilaian autentik sebenarnya; (2) hanya mendapatkan
informasi dari teman sejawat cara penggunaan dan pelaksanaanya secara
otodidak; (3) terlalu banyaknya yang dinilai; (4) harus memiliki waktu yang
maksimal dalam mengolahnya; (5) terlalu banyaknya blangko yang diisi dan 
disediakan pihak sekolah dan; (6) adanya regulasi atau peraturan menteri yang
selalu berubah-rubah.

Kata Kunci : Penilaian Autentik</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/1/1.%20201846TPAI_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/2/2.%20201846TPAI_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/3/3.%20201846TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/4/4.%20201846TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/5/5.%20201846TPAI_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/6/6.%20201846TPAI_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/7/7.%20201846TPAI_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/8/8.%20201846TPAI_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/9/9.%20201846TPAI_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/10/10.%20201846TPAI_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15767/11/11.%20201846TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> M.IHSAN, (2018) Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian Autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15767</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
M.IHSAN, |
title |
Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian
Autentik di SMK Muhammadiyah Kota
Pekanbaru |
publishDate |
2018 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/15767/1/1.%20201846TPAI_COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/2/2.%20201846TPAI_PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/3/3.%20201846TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/4/4.%20201846TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/5/5.%20201846TPAI_ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/6/6.%20201846TPAI_BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/7/7.%20201846TPAI_BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/8/8.%20201846TPAI_BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/9/9.%20201846TPAI_BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/10/10.%20201846TPAI_BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/11/11.%20201846TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15767/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan guru PAI
melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru dan
kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam penilaian autentik di SMK
Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru PAI dalam
melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMK
Muhammadiyah 2 Pekanbaru dinilai pada 3 aspek (1) pada aspek sikap, guru
cendrung menggunakan blangko penilaian autentik dari absensi siswa; (2) pada
aspek pengetahuan, dalam tes tertulis guru PAI menggunakan bentuk pilihan
ganda dan uraian, dalam tes lisan oleh guru PAI melakukan cara dengan langsung,
baik secara individu maupun berkelompok, dan bentuk soalnya harus bervariasi
serta cara penilaian penugasan dari tugas harian, ulangan, PR, pengayaan dan
remedial berdasarkan buku panduan mata pelajaran yang digunakan; dan (3) pada
aspek keterampilan, guru PAI melaksanakan unjuk kerja berdasarkan Silabus dan
RPP sementara itu dalam penilaian portofolio guru PAI menilai dari tugas-tugas
siswa.
Kendala yang dihadapi dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1
dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah (1) guru PAI tidak pernah
mengikuti pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara pelaksanaan dan
penggunaan format penilaian autentik sebenarnya; (2) hanya mendapatkan
informasi dari teman sejawat cara penggunaan dan pelaksanaanya secara
otodidak; (3) terlalu banyaknya yang dinilai; (4) harus memiliki waktu yang
maksimal dalam mengolahnya; (5) terlalu banyaknya blangko yang diisi dan
disediakan pihak sekolah dan; (6) adanya regulasi atau peraturan menteri yang
selalu berubah-rubah.
Kata Kunci : Penilaian Autentik |
id |
IOS7815.15767 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:12:37Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:12:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822011646377984 |
score |
17.538404 |