Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan kepemilikan saham publkc terhadap pengungkapan CSR (corporate social responsibility) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI baik secara parsial maunpun simultan Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 9 sampel dengan periode penelitian 2014-2017. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunaka nanalisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews Versi 9 .Penelitian model yang dipakai dalam analisis adalah memakai Uji chow dengan metode Fixed Effect Model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan tingkat signifikan sebesar 0.2518 0.05. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility), hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikan sebesar 0.8870 0.05. Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility), hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikan sebesar 0.6547 0.05. Kepemilikan Saham Publik berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikan sebesar 0.0397 0.05. Untuk hasil pengujian secara simultan diperoleh =6.009076 2.678 berarti hipotesis secara simultan antaraUkuran Perusahaan, Probitabilitas, Leverage, Dan Kepamilikan Saham Publik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility). Dari hasilpenelitianinijugadiperolehKoefisienDeterminasi ( ) dengannilai0.758172 atau75.81% yang berartibahwaPengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) dapat dipengaruhi oleh Ukuran Perusahaan, Probitabilitas, Leverage, dan Kepamilikan Saham Publik dan sebesar 24.19% sisanya merupakan variabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Saham Publik, CSR (Corporate Social Responsibility)