MODEL KOMUNIKASI INTERAKSIONAL PUSKESMAS BATU BERSURAT DALAM PELAYANAN PASIEN DIKECAMATAN XIII KOTO KAMPAR
Daftar Isi:
- Model adalah deskripsi sistematis dan abstrak yang menggambarkan potensi tertentu yang terkait dengan beberapa aspek dari suatu proses. Puskesmas memiliki model komunikasi. Layanan kesehatan adalah upaya yang dilakukan secara individu atau komunal dalam suatu organisasi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Puskesmas merupakan elemen sentral dalam pembangunan kesehatan di kecamatan untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif, menggambarkan dan menjelaskan fenomena dalam kata-kata. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari mewawancarai kepala Puskesmas, kepala subbagiannya, dan staf jaringan layanan dan fasilitasnya. Penelitian ini menemukan bahwa Model Komunikasi Interaksional Puskesmas Batu Bersurat dalam Pemberian Pelayanan kepada Pasien di Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut; yang pertama adalah layanan rawat jalan. Hal ini dilakukan melalui interaksi antara Puskesmas dan pasien dalam bentuk instruksi dan saran tentang perawatan medis. Yang kedua adalah layanan rawat inap. Ini adalah proses perawatan oleh staf profesional di mana mereka tinggal di ruangan Puskesmas untuk mendapatkan pengawasan dan kontrol secara maksimal. Yang ketiga adalah layanan referensi. Ini adalah interaksi antara Puskesmas dan tempat referensi, interaksi antara dokter dan perawat, interaksi antara dokter dan pasien, interaksi antara perawat dan pasien dan interaksi antara Puskesmas dan keluarga atau pasien. Hal ini menyimpulkan bahwa Model Komunikasi Puskesmas Batu Bersurat dalam Pemberian Pelayanan kepada Pasien di Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar bersifat interaksional. Kata Kunci: Model Komunikasi, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan