Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Bangkinang Kabupaten Kampar
Daftar Isi:
- Hasil belajar siswa di sekolah merupakan suatu keadaan yang berkaitan dengan nilai-nilai yang dialami oleh siswa setelah melewati proses belajar. Hasil belajar ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain motivasi siswa, lingkungan yang kondusif, kompetensi dan kreatifitas mengajar guru, fasilitas atau sarana belajar, sumber belajar dan lain sebagainya. Kreatifitas mengajar guru merupakan suatu proses yang melahirkan sesuatu yang baru baik itu berupa gagasan, konsep maupun karya nyata, metode, strategi ataupun produk baru yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan ide yang baru dan imajinatif dalam mengajar. Sedangkan fasilitas atau sarana dan prasarana belajar adalah semua perangkat peralatan, bahan, perabot dan kelengkapan dasar yang menunjang pelaksanaan proses belajar di sekolah. Kedua variabel tersebut disumsikan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreatifitas mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota, dengan hipotesis penelitian; 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan fasilitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota. Populasi penelitian ini semua siswa SMA Negeri 2 Bangkinang Kota berjumlah 1050 siswa dan menetap sampel sebanyak 130 siswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random sampling. Data dari responden diambil dengan hasil kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha menunjukkan angka di atas 0,70 yang berarti instrumen tersebut reliable. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreatifitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Bangkinang Kota dengan kekuatan hubungan 0,271 dan kontribusi sebesar 7,34%. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Bangkinang Kota dengan kekuatan hubungan 0,593 dan kontribusi sebesar 35,16%. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreatifitas mengajar guru dan fasilitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Bangkinang Kota dengan kekuatan hubungan 0,459 dan kontribusi sebesar 45,9%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel baik kreatifitas mengajar guru maupun fasilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota dan perlu mendapatkan perhatian bagi guru dan pimpinan sekolah untuk meningkatkannya