Daftar Isi:
  • Sebagaimana dalam mengembangkan layanan konseling individu bagi anak tunagrahita diantaranya melalui upaya yang dilakukan konselor. Sehingga dapat dirumuskan bagaimana pelaksanaan konseling individu dalam membentuk penyesuaian sosial bagi anak Tunagrahita diSLB Pelita Hati Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individu dalam penyesuaian sosial bagi anak Tunagrahita di SLB Pelita Hati Panam Pekanbaru. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 konselor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data diperoleh dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan layanan konseling individu dalam membentuk penyesuaian sosial di SLB Pelita Hati Panam Pekanbaru diantaranya adalah : Layanan Orientasi, Layanan Penempatan dan Penyaluran, Layanan Konseling Kelompok, Layanan Individu. Layanan konseling tersebut dikembangkan secara baik kepada anak Tunagrahita dan membantu untuk mengoptimalkan kemampuan anak Tunagrahita. Hal tersebut terlihat banyak perubahan yang dialami oleh anak Tunagrahita di SLB Pelita Hati Panam Pekanbaru terutama dari segi komunikasi, cara belajar, sosial, dan ibadah sehingga anak Tunagrahita di SLB Pelita Hati Panam Pekanbaru menjadi individu yang lebih baik dan berguna bagi masyarakat. Kata Kunci: Layanan konseling, Penyesuaian sosial