MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI RUKUN SHALAT PADA MELALUI STRATEGI COSSWORD PUZZLE KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMADIAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Meri Ernita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1563/1/2011_2011134.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1563/
Daftar Isi:
  • Pembeelajaran agama sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi kaum muslim, untuk bekal dunia dan ahirat. Akan tetapi, dalam pelaksanaany disekolah masih dominasi guru dengan metode konvensional (metode ceramah), yang cenderung membosankan. Dalam proses belajar mengajar seorang guru perlu merencanakan dan menggunakan strategi pembelajaran, sehingga dapat mewujutkan hasil belajar yang maksimal dan sempurna. Oleh karena itu guru perlu menggunakan strategi dalam proses pembelajaran agar murit tidak merasa bosan sehingga menarik perhatian siswa karena proses pembelajaran tercapai secara efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar fiqih materi rukun shalat melalui strategi cosword puzzle kelas II madrasah ibtidaiyah muhammadiah pulau tengah Kecamatan tambang Kabupaten Kampar yang berupa penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dala tiga siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil tes. Hasil belajar menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar murid dari siklus 1 (44,4 %), pada siklus II (61,1%), dan siklus III dan pada siklus III (77,7%). Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi cosword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar murid pada bahasan rukun shalat kelas II madrasah ibtidaiyah muhamadiayah kecamatan tambang kabupaten kampar. Untuk meningkatkan efektifitas penggunaan strategi cosword puzzle dalam pembelajaran , maka diperlukan melakukan penelitian lebih lanjut pada materi yang lain dan kesempatan yang berbeda.