Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an
ctrlnum |
15538 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/</relation><title>Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an</title><creator>Abrar Jalil, </creator><subject>200 Agama</subject><description>Multikulturalisme dalam kehidupan, baik agama, ras, etnisitas, dan 
pertengkaran atau perselisihan yang sering terjadi di antara sesama manusia dan
keragaman memang telah mengangkat beberapa masalah, seperti pertarungan
suku, separatisme, dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk menghormati hak
Orang lain, kehilangan saling menghormati, cinta, dan cinta antara lain, baik
dalam kehidupan beragama, etnis maupun ras. Ada beberapa solusi untuk
memecahkan masalah, seperti bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam
perspektif al-Qur'an yang bisa menghilangkan perselisihan dalam kehidupan
sosial dan bisa menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan sosial.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membahas bagaimana konsep
pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an dan bagaimana al-Qur'an
menjelaskan tentang pendidikan multikultural yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat multikultural. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitatif dengan jenis Penelitian Perpustakaan. Sumber utama dalam penelitian
ini adalah referensi yang berkaitan dengan pendidikan multikultural, sedangkan
sumber sekunder adalah menulis dan penelitian tentang pendidikan multikultural.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Analisis Isi, dengan
langkah-langkah analisis meliputi penentuan unit analisis, pengumpulan data,
proses inferensi, dan interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman ayat-ayat Alquran tentang 
pendidikan multikultural yang mempromosikan perkembangan akhlak dan aqidah,
dalam pendidikan multikultural, adalah proses pembangunan, seperti proses yang
tidak dibatasi oleh ruang, waktu, subjek, objek dan realisasi. 2) Pemahaman ayatayat

Alquran tentang pendidikan multikultural yang mendorong pengembangan
saling menghormati heterogenitas dan kemajemukan di antara orang-orang,
bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai
heterogenitas dan pluralitas, budaya, etnisitas dan agama.
Kata kunci: konsep, pendidikan, multikultural, al-Qur'an.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/1/1.%20201833TPAI_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/2/2.%20201833TPAI_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/3/3.%20201833TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/4/4.%20201833TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/5/5.%20201833TPAI_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/6/6.%20201833TPAI_BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/7/7.%20201833TPAI_BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/8/8.%20201833TPAI_BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/9/9.%20201833TPAI_BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/10/10.%20201833TPAI_BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/11/11.%20201833TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Abrar Jalil, (2018) Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15538</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Abrar Jalil, |
title |
Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an |
publishDate |
2018 |
topic |
200 Agama |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/1/1.%20201833TPAI_COVER.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/2/2.%20201833TPAI_PENGESAHAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/3/3.%20201833TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/4/4.%20201833TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/5/5.%20201833TPAI_ABSTRAK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/6/6.%20201833TPAI_BAB%201.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/7/7.%20201833TPAI_BAB%202.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/8/8.%20201833TPAI_BAB%203.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/9/9.%20201833TPAI_BAB%204.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/10/10.%20201833TPAI_BAB%205.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/11/11.%20201833TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15538/ |
contents |
Multikulturalisme dalam kehidupan, baik agama, ras, etnisitas, dan
pertengkaran atau perselisihan yang sering terjadi di antara sesama manusia dan
keragaman memang telah mengangkat beberapa masalah, seperti pertarungan
suku, separatisme, dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk menghormati hak
Orang lain, kehilangan saling menghormati, cinta, dan cinta antara lain, baik
dalam kehidupan beragama, etnis maupun ras. Ada beberapa solusi untuk
memecahkan masalah, seperti bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam
perspektif al-Qur'an yang bisa menghilangkan perselisihan dalam kehidupan
sosial dan bisa menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan sosial.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membahas bagaimana konsep
pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an dan bagaimana al-Qur'an
menjelaskan tentang pendidikan multikultural yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat multikultural. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitatif dengan jenis Penelitian Perpustakaan. Sumber utama dalam penelitian
ini adalah referensi yang berkaitan dengan pendidikan multikultural, sedangkan
sumber sekunder adalah menulis dan penelitian tentang pendidikan multikultural.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Analisis Isi, dengan
langkah-langkah analisis meliputi penentuan unit analisis, pengumpulan data,
proses inferensi, dan interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman ayat-ayat Alquran tentang
pendidikan multikultural yang mempromosikan perkembangan akhlak dan aqidah,
dalam pendidikan multikultural, adalah proses pembangunan, seperti proses yang
tidak dibatasi oleh ruang, waktu, subjek, objek dan realisasi. 2) Pemahaman ayatayat
Alquran tentang pendidikan multikultural yang mendorong pengembangan
saling menghormati heterogenitas dan kemajemukan di antara orang-orang,
bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai
heterogenitas dan pluralitas, budaya, etnisitas dan agama.
Kata kunci: konsep, pendidikan, multikultural, al-Qur'an. |
id |
IOS7815.15538 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:12:25Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:12:25Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674822010143768576 |
score |
17.538404 |