ctrlnum 15538
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/</relation><title>Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an</title><creator>Abrar Jalil, </creator><subject>200 Agama</subject><description>Multikulturalisme dalam kehidupan, baik agama, ras, etnisitas, dan &#xD; pertengkaran atau perselisihan yang sering terjadi di antara sesama manusia dan&#xD; keragaman memang telah mengangkat beberapa masalah, seperti pertarungan&#xD; suku, separatisme, dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk menghormati hak&#xD; Orang lain, kehilangan saling menghormati, cinta, dan cinta antara lain, baik&#xD; dalam kehidupan beragama, etnis maupun ras. Ada beberapa solusi untuk&#xD; memecahkan masalah, seperti bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam&#xD; perspektif al-Qur'an yang bisa menghilangkan perselisihan dalam kehidupan&#xD; sosial dan bisa menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan sosial.&#xD; Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membahas bagaimana konsep&#xD; pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an dan bagaimana al-Qur'an&#xD; menjelaskan tentang pendidikan multikultural yang berkaitan dengan kehidupan&#xD; masyarakat multikultural. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif&#xD; kualitatif dengan jenis Penelitian Perpustakaan. Sumber utama dalam penelitian&#xD; ini adalah referensi yang berkaitan dengan pendidikan multikultural, sedangkan&#xD; sumber sekunder adalah menulis dan penelitian tentang pendidikan multikultural.&#xD; Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Analisis Isi, dengan&#xD; langkah-langkah analisis meliputi penentuan unit analisis, pengumpulan data,&#xD; proses inferensi, dan interpretasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman ayat-ayat Alquran tentang &#xD; pendidikan multikultural yang mempromosikan perkembangan akhlak dan aqidah,&#xD; dalam pendidikan multikultural, adalah proses pembangunan, seperti proses yang&#xD; tidak dibatasi oleh ruang, waktu, subjek, objek dan realisasi. 2) Pemahaman ayatayat&#xD; &#xD; Alquran tentang pendidikan multikultural yang mendorong pengembangan&#xD; saling menghormati heterogenitas dan kemajemukan di antara orang-orang,&#xD; bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai&#xD; heterogenitas dan pluralitas, budaya, etnisitas dan agama.&#xD; Kata kunci: konsep, pendidikan, multikultural, al-Qur'an.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/1/1.%20201833TPAI_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/2/2.%20201833TPAI_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/3/3.%20201833TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/4/4.%20201833TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/5/5.%20201833TPAI_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/6/6.%20201833TPAI_BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/7/7.%20201833TPAI_BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/8/8.%20201833TPAI_BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/9/9.%20201833TPAI_BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/10/10.%20201833TPAI_BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15538/11/11.%20201833TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Abrar Jalil, (2018) Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15538</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Abrar Jalil,
title Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an
publishDate 2018
topic 200 Agama
url http://repository.uin-suska.ac.id/15538/1/1.%20201833TPAI_COVER.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/2/2.%20201833TPAI_PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/3/3.%20201833TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/4/4.%20201833TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/5/5.%20201833TPAI_ABSTRAK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/6/6.%20201833TPAI_BAB%201.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/7/7.%20201833TPAI_BAB%202.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/8/8.%20201833TPAI_BAB%203.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/9/9.%20201833TPAI_BAB%204.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/10/10.%20201833TPAI_BAB%205.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/11/11.%20201833TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15538/
contents Multikulturalisme dalam kehidupan, baik agama, ras, etnisitas, dan pertengkaran atau perselisihan yang sering terjadi di antara sesama manusia dan keragaman memang telah mengangkat beberapa masalah, seperti pertarungan suku, separatisme, dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk menghormati hak Orang lain, kehilangan saling menghormati, cinta, dan cinta antara lain, baik dalam kehidupan beragama, etnis maupun ras. Ada beberapa solusi untuk memecahkan masalah, seperti bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an yang bisa menghilangkan perselisihan dalam kehidupan sosial dan bisa menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan sosial. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membahas bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an dan bagaimana al-Qur'an menjelaskan tentang pendidikan multikultural yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat multikultural. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Perpustakaan. Sumber utama dalam penelitian ini adalah referensi yang berkaitan dengan pendidikan multikultural, sedangkan sumber sekunder adalah menulis dan penelitian tentang pendidikan multikultural. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Analisis Isi, dengan langkah-langkah analisis meliputi penentuan unit analisis, pengumpulan data, proses inferensi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman ayat-ayat Alquran tentang pendidikan multikultural yang mempromosikan perkembangan akhlak dan aqidah, dalam pendidikan multikultural, adalah proses pembangunan, seperti proses yang tidak dibatasi oleh ruang, waktu, subjek, objek dan realisasi. 2) Pemahaman ayatayat Alquran tentang pendidikan multikultural yang mendorong pengembangan saling menghormati heterogenitas dan kemajemukan di antara orang-orang, bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai heterogenitas dan pluralitas, budaya, etnisitas dan agama. Kata kunci: konsep, pendidikan, multikultural, al-Qur'an.
id IOS7815.15538
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:12:25Z
last_indexed 2019-07-31T02:12:25Z
recordtype dc
_version_ 1674822010143768576
score 17.538404