ctrlnum 15525
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/</relation><title>PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN&#xD; RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN &#xD; KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET &#xD; DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) &#xD; TBK PEKANBARU</title><creator>INDAH RAHMADHANI, </creator><subject>330 Ilmu Ekonomi</subject><description>Penelitian ini dilatabelakangi oleh pengamatan penulis tentang &#xD; pelaksanaan Reschedulig, Reconditioning dan Restructuring Sebagai Upaya&#xD; Penyelamatan Kredit terhadap Nasabah Kredit Macet di PT. Bank Negara&#xD; Indonesia (Persero) Tbk Pekanbaru. Bank merupakan salah satu lembaga&#xD; keuangan yang mempunyai peranan penting yaitu berfungsi sebagai penopang&#xD; untuk membantu kebutuhan hidup manusia dengan cara menjalankan usaha bank&#xD; yaitu salah satunya dengan memberikan kredit. Namun dalam menyalurkan kredit&#xD; debitur yang memperoleh kredit dari bank tidak seluruhnya dapat&#xD; mengembalikannya dengan baik dan tepat pada waktu yang diperjanjikan.&#xD; Akibatnya menjadikan perjalanan kredit terhenti atau macet. Untuk menangani&#xD; masalah kredit macet maka pihak bank dapat melakukan suatu upaya yaitu&#xD; penyelamatan kredit yang bertujuan memberikan kesempatan dalam rangka&#xD; perbaikan kredit kepada debitur dan membantu debitur dalam rangka pelunasan&#xD; kredit. &#xD; Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan rescheduling,&#xD; reconditioning dan restructuring sebagai upaya penyelamatan kredit terhadap&#xD; nasabah kredit macet di PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Pekanbaru dan&#xD; apa saja kendala-kendala dalam proses Rescheduling, Reconditioning dan&#xD; Restructuring sebagai upaya penyelamatan terhadap nasabah kredit macet di PT.&#xD; Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kota Pekanbaru. &#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis.&#xD; Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka.&#xD; Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalahPT. Bank Bank Negara Indonesia&#xD; (Persero) Tbk Pekanbaru. Data yang digunakan adalah data primer dan data&#xD; sekunder. Dengan mengambil populasi Pimpinan 1 orang dan sampel 1 orang,&#xD; Karyawan unit penyelamatan populasi sebanyak 13 orangdan sampel 3 orang,&#xD; selanjutnya Nasabah bank BNI populasi sebanyak 91 orang dan sampel 5 orang.&#xD; Dengan menggunakan metode total sampling dan purposive sampling. Kemudian&#xD; metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu&#xD; menganalisis dengan cara menggambarkan atau menganalisis. &#xD; Selanjutnya hasil penelitian penulis di lapangan dalam pelaksanaan&#xD; Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring pada bank BNI dilakukan dalam&#xD; 5 (lima) tahap yaitu kunjungan secara langsung, wawancara, memeriksa laporan&#xD; keuangan debitur, analisis ulang dan debitur mengisi persetujuan pengajuan&#xD; Rescheduling, Reconditioning atau Restructuring yang disepakati. Dan dalam&#xD; melakukan upaya tersebut bank BNI telah melaksanakan sesuai dengan prosedur&#xD; dan tata cara yang telah ditetapkan oleh pihak perbankan dan ketentuan peraturan&#xD; yang berlaku yaitu berdasar pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor&#xD; 42/Pojk.03/2017 Tentang Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan&#xD; Perkreditan atau Pembiayaan Bank Bagi Bank Umum dan Peraturan Bank&#xD; Indonesia No. 14/15 /PBI/2012 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum.&#xD; Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang &#xD; &#xD; menghamgat pelaksanaan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring yaitu&#xD; karakter nasabah, nasabah tersebut memiliki masalah pribadi, nasabah jatuh sakit,&#xD; usaha nasabah tersebut bangkrut dan nasabah tersebut tidak memiliki itikad baik&#xD; untuk melunasi kreditnya. Dari kendala-kendala yang timbul tersebut untuk&#xD; mengatasinya pihak bank melakukan upaya penyelesaian kredit yang dilakukan&#xD; dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan melakukan lelang melalui Badan Urusan&#xD; Piutang dan Lelang Negara dan/atau melalui Jual beli.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/1/1.%20COVER__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/2/2.%20PENGESAHAN__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/3/3.%20ABSTRAK__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/4/4.%20KATA%20PENGANTAR__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/5/5.%20DAFTAR%20ISI__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/6/6.%20BAB%20I__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/7/7.%20BAB%20II__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/8/8.%20BAB%20III__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/9/9.%20BAB%20IV__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/10/10.%20BAB%20V__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA__2018167IH.pdf</identifier><identifier> INDAH RAHMADHANI, (2018) PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15525</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author INDAH RAHMADHANI,
title PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK PEKANBARU
publishDate 2018
topic 330 Ilmu Ekonomi
url http://repository.uin-suska.ac.id/15525/1/1.%20COVER__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/2/2.%20PENGESAHAN__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/3/3.%20ABSTRAK__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/4/4.%20KATA%20PENGANTAR__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/5/5.%20DAFTAR%20ISI__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/6/6.%20BAB%20I__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/7/7.%20BAB%20II__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/8/8.%20BAB%20III__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/9/9.%20BAB%20IV__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/10/10.%20BAB%20V__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA__2018167IH.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/
contents Penelitian ini dilatabelakangi oleh pengamatan penulis tentang pelaksanaan Reschedulig, Reconditioning dan Restructuring Sebagai Upaya Penyelamatan Kredit terhadap Nasabah Kredit Macet di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Pekanbaru. Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting yaitu berfungsi sebagai penopang untuk membantu kebutuhan hidup manusia dengan cara menjalankan usaha bank yaitu salah satunya dengan memberikan kredit. Namun dalam menyalurkan kredit debitur yang memperoleh kredit dari bank tidak seluruhnya dapat mengembalikannya dengan baik dan tepat pada waktu yang diperjanjikan. Akibatnya menjadikan perjalanan kredit terhenti atau macet. Untuk menangani masalah kredit macet maka pihak bank dapat melakukan suatu upaya yaitu penyelamatan kredit yang bertujuan memberikan kesempatan dalam rangka perbaikan kredit kepada debitur dan membantu debitur dalam rangka pelunasan kredit. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan rescheduling, reconditioning dan restructuring sebagai upaya penyelamatan kredit terhadap nasabah kredit macet di PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Pekanbaru dan apa saja kendala-kendala dalam proses Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring sebagai upaya penyelamatan terhadap nasabah kredit macet di PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis. Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalahPT. Bank Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Pekanbaru. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan mengambil populasi Pimpinan 1 orang dan sampel 1 orang, Karyawan unit penyelamatan populasi sebanyak 13 orangdan sampel 3 orang, selanjutnya Nasabah bank BNI populasi sebanyak 91 orang dan sampel 5 orang. Dengan menggunakan metode total sampling dan purposive sampling. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisis dengan cara menggambarkan atau menganalisis. Selanjutnya hasil penelitian penulis di lapangan dalam pelaksanaan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring pada bank BNI dilakukan dalam 5 (lima) tahap yaitu kunjungan secara langsung, wawancara, memeriksa laporan keuangan debitur, analisis ulang dan debitur mengisi persetujuan pengajuan Rescheduling, Reconditioning atau Restructuring yang disepakati. Dan dalam melakukan upaya tersebut bank BNI telah melaksanakan sesuai dengan prosedur dan tata cara yang telah ditetapkan oleh pihak perbankan dan ketentuan peraturan yang berlaku yaitu berdasar pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 42/Pojk.03/2017 Tentang Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Perkreditan atau Pembiayaan Bank Bagi Bank Umum dan Peraturan Bank Indonesia No. 14/15 /PBI/2012 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang menghamgat pelaksanaan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring yaitu karakter nasabah, nasabah tersebut memiliki masalah pribadi, nasabah jatuh sakit, usaha nasabah tersebut bangkrut dan nasabah tersebut tidak memiliki itikad baik untuk melunasi kreditnya. Dari kendala-kendala yang timbul tersebut untuk mengatasinya pihak bank melakukan upaya penyelesaian kredit yang dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan melakukan lelang melalui Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara dan/atau melalui Jual beli.
id IOS7815.15525
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:12:25Z
last_indexed 2019-07-31T02:12:25Z
recordtype dc
_version_ 1674822009867993088
score 17.538404