PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK PEKANBARU
| ctrlnum |
15525 |
|---|---|
| fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/</relation><title>PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN
RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN 
KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET 
DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) 
TBK PEKANBARU</title><creator>INDAH RAHMADHANI, </creator><subject>330 Ilmu Ekonomi</subject><description>Penelitian ini dilatabelakangi oleh pengamatan penulis tentang 
pelaksanaan Reschedulig, Reconditioning dan Restructuring Sebagai Upaya
Penyelamatan Kredit terhadap Nasabah Kredit Macet di PT. Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk Pekanbaru. Bank merupakan salah satu lembaga
keuangan yang mempunyai peranan penting yaitu berfungsi sebagai penopang
untuk membantu kebutuhan hidup manusia dengan cara menjalankan usaha bank
yaitu salah satunya dengan memberikan kredit. Namun dalam menyalurkan kredit
debitur yang memperoleh kredit dari bank tidak seluruhnya dapat
mengembalikannya dengan baik dan tepat pada waktu yang diperjanjikan.
Akibatnya menjadikan perjalanan kredit terhenti atau macet. Untuk menangani
masalah kredit macet maka pihak bank dapat melakukan suatu upaya yaitu
penyelamatan kredit yang bertujuan memberikan kesempatan dalam rangka
perbaikan kredit kepada debitur dan membantu debitur dalam rangka pelunasan
kredit. 
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan rescheduling,
reconditioning dan restructuring sebagai upaya penyelamatan kredit terhadap
nasabah kredit macet di PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Pekanbaru dan
apa saja kendala-kendala dalam proses Rescheduling, Reconditioning dan
Restructuring sebagai upaya penyelamatan terhadap nasabah kredit macet di PT.
Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kota Pekanbaru. 
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis.
Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka.
Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalahPT. Bank Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk Pekanbaru. Data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Dengan mengambil populasi Pimpinan 1 orang dan sampel 1 orang,
Karyawan unit penyelamatan populasi sebanyak 13 orangdan sampel 3 orang,
selanjutnya Nasabah bank BNI populasi sebanyak 91 orang dan sampel 5 orang.
Dengan menggunakan metode total sampling dan purposive sampling. Kemudian
metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu
menganalisis dengan cara menggambarkan atau menganalisis. 
Selanjutnya hasil penelitian penulis di lapangan dalam pelaksanaan
Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring pada bank BNI dilakukan dalam
5 (lima) tahap yaitu kunjungan secara langsung, wawancara, memeriksa laporan
keuangan debitur, analisis ulang dan debitur mengisi persetujuan pengajuan
Rescheduling, Reconditioning atau Restructuring yang disepakati. Dan dalam
melakukan upaya tersebut bank BNI telah melaksanakan sesuai dengan prosedur
dan tata cara yang telah ditetapkan oleh pihak perbankan dan ketentuan peraturan
yang berlaku yaitu berdasar pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor
42/Pojk.03/2017 Tentang Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan
Perkreditan atau Pembiayaan Bank Bagi Bank Umum dan Peraturan Bank
Indonesia No. 14/15 /PBI/2012 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum.
Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang 

menghamgat pelaksanaan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring yaitu
karakter nasabah, nasabah tersebut memiliki masalah pribadi, nasabah jatuh sakit,
usaha nasabah tersebut bangkrut dan nasabah tersebut tidak memiliki itikad baik
untuk melunasi kreditnya. Dari kendala-kendala yang timbul tersebut untuk
mengatasinya pihak bank melakukan upaya penyelesaian kredit yang dilakukan
dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan melakukan lelang melalui Badan Urusan
Piutang dan Lelang Negara dan/atau melalui Jual beli.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/1/1.%20COVER__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/2/2.%20PENGESAHAN__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/3/3.%20ABSTRAK__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/4/4.%20KATA%20PENGANTAR__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/5/5.%20DAFTAR%20ISI__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/6/6.%20BAB%20I__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/7/7.%20BAB%20II__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/8/8.%20BAB%20III__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/9/9.%20BAB%20IV__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/10/10.%20BAB%20V__2018167IH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15525/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA__2018167IH.pdf</identifier><identifier> INDAH RAHMADHANI, (2018) PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15525</recordID></dc>
|
| language |
eng |
| format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
| author |
INDAH RAHMADHANI, |
| title |
PELAKSANAAN RESCHEDULING, RECONDITIONING DAN
RESTRUCTURING SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN
KREDIT TERHADAP NASABAH KREDIT MACET
DI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)
TBK PEKANBARU |
| publishDate |
2018 |
| topic |
330 Ilmu Ekonomi |
| url |
http://repository.uin-suska.ac.id/15525/1/1.%20COVER__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/2/2.%20PENGESAHAN__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/3/3.%20ABSTRAK__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/4/4.%20KATA%20PENGANTAR__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/5/5.%20DAFTAR%20ISI__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/6/6.%20BAB%20I__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/7/7.%20BAB%20II__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/8/8.%20BAB%20III__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/9/9.%20BAB%20IV__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/10/10.%20BAB%20V__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA__2018167IH.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/15525/ |
| contents |
Penelitian ini dilatabelakangi oleh pengamatan penulis tentang
pelaksanaan Reschedulig, Reconditioning dan Restructuring Sebagai Upaya
Penyelamatan Kredit terhadap Nasabah Kredit Macet di PT. Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk Pekanbaru. Bank merupakan salah satu lembaga
keuangan yang mempunyai peranan penting yaitu berfungsi sebagai penopang
untuk membantu kebutuhan hidup manusia dengan cara menjalankan usaha bank
yaitu salah satunya dengan memberikan kredit. Namun dalam menyalurkan kredit
debitur yang memperoleh kredit dari bank tidak seluruhnya dapat
mengembalikannya dengan baik dan tepat pada waktu yang diperjanjikan.
Akibatnya menjadikan perjalanan kredit terhenti atau macet. Untuk menangani
masalah kredit macet maka pihak bank dapat melakukan suatu upaya yaitu
penyelamatan kredit yang bertujuan memberikan kesempatan dalam rangka
perbaikan kredit kepada debitur dan membantu debitur dalam rangka pelunasan
kredit.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan rescheduling,
reconditioning dan restructuring sebagai upaya penyelamatan kredit terhadap
nasabah kredit macet di PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Pekanbaru dan
apa saja kendala-kendala dalam proses Rescheduling, Reconditioning dan
Restructuring sebagai upaya penyelamatan terhadap nasabah kredit macet di PT.
Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kota Pekanbaru.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis.
Dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka.
Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalahPT. Bank Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk Pekanbaru. Data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Dengan mengambil populasi Pimpinan 1 orang dan sampel 1 orang,
Karyawan unit penyelamatan populasi sebanyak 13 orangdan sampel 3 orang,
selanjutnya Nasabah bank BNI populasi sebanyak 91 orang dan sampel 5 orang.
Dengan menggunakan metode total sampling dan purposive sampling. Kemudian
metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu
menganalisis dengan cara menggambarkan atau menganalisis.
Selanjutnya hasil penelitian penulis di lapangan dalam pelaksanaan
Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring pada bank BNI dilakukan dalam
5 (lima) tahap yaitu kunjungan secara langsung, wawancara, memeriksa laporan
keuangan debitur, analisis ulang dan debitur mengisi persetujuan pengajuan
Rescheduling, Reconditioning atau Restructuring yang disepakati. Dan dalam
melakukan upaya tersebut bank BNI telah melaksanakan sesuai dengan prosedur
dan tata cara yang telah ditetapkan oleh pihak perbankan dan ketentuan peraturan
yang berlaku yaitu berdasar pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor
42/Pojk.03/2017 Tentang Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan
Perkreditan atau Pembiayaan Bank Bagi Bank Umum dan Peraturan Bank
Indonesia No. 14/15 /PBI/2012 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum.
Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang
menghamgat pelaksanaan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring yaitu
karakter nasabah, nasabah tersebut memiliki masalah pribadi, nasabah jatuh sakit,
usaha nasabah tersebut bangkrut dan nasabah tersebut tidak memiliki itikad baik
untuk melunasi kreditnya. Dari kendala-kendala yang timbul tersebut untuk
mengatasinya pihak bank melakukan upaya penyelesaian kredit yang dilakukan
dengan 2 (dua) cara, yaitu dengan melakukan lelang melalui Badan Urusan
Piutang dan Lelang Negara dan/atau melalui Jual beli. |
| id |
IOS7815.15525 |
| institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
| affiliation |
ptki.onesearch.id |
| institution_id |
47 |
| institution_type |
library:university library |
| library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
| library_id |
4 |
| collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
| repository_id |
7815 |
| city |
KOTA PEKANBARU |
| province |
RIAU |
| shared_to_ipusnas_str |
1 |
| repoId |
IOS7815 |
| first_indexed |
2019-07-31T02:12:25Z |
| last_indexed |
2019-07-31T02:12:25Z |
| recordtype |
dc |
| _version_ |
1674822009867993088 |
| score |
17.538404 |
