ctrlnum 15522
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/</relation><title>Strategi Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam&#xD; Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Sekota Dumai</title><creator>ASMARA, </creator><subject>290 Agama Selain Kristen</subject><subject>297 Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi guru dalam&#xD; melaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan kota Dumai serta&#xD; untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam pendekatan saintifik dalam&#xD; pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai. Jenis penelitian yang digunakan&#xD; adalah penelitian lapangan (field researeh). Penelitian ini merupakan penelitian&#xD; deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara,&#xD; observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan&#xD; penarikan kesimpulan. &#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi guru dalam melaksanakan&#xD; pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyyah&#xD; Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai menggunakan&#xD; metode pembelajaran yang beragam sesuai dengan materi; (2) kelebihan dalam&#xD; pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah&#xD; Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai adalah siswa&#xD; yang dulunya pasif menjadi aktif, siswa merasa senang dan tertantang, rasa ingin&#xD; tahu, minat, siswa merasa dapat menemukan fakta baru dan rasa ingin tau yang&#xD; tinggi dan siswa merasa dilatih untuk dapat bertanggung jawab atas hasil&#xD; temuannya; sedangkan (3) Kelemahan dalam pendekatan saintifik dalam&#xD; pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah&#xD; Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai adalah guru jarang menjelaskan materi,&#xD; tidak semua siswa mampu menyampai ide-ide baru karena rasa minder antar&#xD; teman dan terkadang guru tidak sesuai rancangan pembelajaran dengan waktu&#xD; yang tersedia. &#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci : Strategi, Implementasi, Pendekatan Saintifik, Aqidah Akhlak</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/1/1.%20201831TPAI_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/2/2.%20201831TPAI_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/3/3.%20201831TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/4/4.%20201831TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/5/5.%20201831TPAI_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/6/6.%20201831TPAI_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/7/7.%20201831TPAI_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/8/8.%20201831TPAI_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/9/9.%20201831TPAI_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/10/10.%20201831TPAI_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/15522/11/11.%20201831TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ASMARA, (2018) Strategi Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Sekota Dumai. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>15522</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ASMARA,
title Strategi Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Sekota Dumai
publishDate 2018
topic 290 Agama Selain Kristen
297 Islam
url http://repository.uin-suska.ac.id/15522/1/1.%20201831TPAI_COVER.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/2/2.%20201831TPAI_PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/3/3.%20201831TPAI_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/4/4.%20201831TPAI_DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/5/5.%20201831TPAI_ABSTRAK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/6/6.%20201831TPAI_BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/7/7.%20201831TPAI_BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/8/8.%20201831TPAI_BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/9/9.%20201831TPAI_BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/10/10.%20201831TPAI_BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/11/11.%20201831TPAI_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/15522/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi guru dalam melaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan kota Dumai serta untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field researeh). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi guru dalam melaksanakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyyah Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai menggunakan metode pembelajaran yang beragam sesuai dengan materi; (2) kelebihan dalam pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai adalah siswa yang dulunya pasif menjadi aktif, siswa merasa senang dan tertantang, rasa ingin tahu, minat, siswa merasa dapat menemukan fakta baru dan rasa ingin tau yang tinggi dan siswa merasa dilatih untuk dapat bertanggung jawab atas hasil temuannya; sedangkan (3) Kelemahan dalam pendekatan saintifik dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah dan Madrasah Ibtidaiyah Taufiqiyah Binaan Kota Dumai adalah guru jarang menjelaskan materi, tidak semua siswa mampu menyampai ide-ide baru karena rasa minder antar teman dan terkadang guru tidak sesuai rancangan pembelajaran dengan waktu yang tersedia. Kata Kunci : Strategi, Implementasi, Pendekatan Saintifik, Aqidah Akhlak
id IOS7815.15522
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:12:25Z
last_indexed 2019-07-31T02:12:25Z
recordtype dc
_version_ 1674822009858555904
score 17.538404