Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan aktivitas pemerintahan yang kini semakin disorot masyarakat terutama terkait dengan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar. Permasalahan lembaga publik sebagai penyedia informasi dituntut untuk bekerja terus menyiapkan database informasi untuk dipublikasikan. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pengelolaan informasi layanan publik dalam mewujudkan kualitas komunikasi di Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan informasi layanan publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar dilakukan dalam beberapa bentuk, yaitu (1) Pengumpulan informasi. Informasi yang dikumpulkan merupakan informasi update, terkini, faktual, dan terpercaya. Dengan demikian informasi yang dipublikasikan akan menjadi proses pengambilan keputusan oleh badan publik. (2) Pengklasifikasian informasi. Pengklasifikasian informasi merupakan proses pengamanan informasi, dengan ini akan meningkatkan kerahasiaan, keutuhan dan meningkatkan kualitas dan ketersediaan informasi. (3) Pendokumentasian informasi merupakan kegiatan pencatatan dan penyimpanan semua informasi yang diperoleh satuan kerja dengan melakukan otentikasi informasi, pemberian kode pada informasi, dan pengemasan informasi. (4) Pelayanan publik merupakan cara Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian dalam memberikan pelayanan transparan, akurat, adil kepada publik, dengan demikian badan publik menghasilkan layanan yang berkualitas. Kata Kunci : Aktivitas, Pengelolaan Informasi, Pelayanan Publik, Kualitas Komunikasi, Diskominfo dan Persandian