PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU
Daftar Isi:
- Komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia dapat berinteraksi satu sama lain yang terjadi di kehidupan sehari – hari juga pastinya terjadi organisasi/pemerintahan. Komunikasi organisasi adalah penerimaan dan pengiriman informasi yang terjadi di dalam organiasi baik itu komunikasi atas, bawah, samping, dan silang/diagonal,. Penelitian ini diselenggarakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode Kolerasional Kuantitatif yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau sebanyak 234 orang pegawai. Maka jumlah sampel sebanyak 70 orang pegawai dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampelnya Random Sampling (sampel acak). Hasil penelitian ini berdasarkan sebaran angket dan dilakukan pengolahan data diperoleh hasil 0,692 yakni berpengaruh, terbukti jika komunikasi organisasi berjalan baik maka dapat meningkatkan kinerja pegawai, dalam hal ini komunikasi baik antara sesama pegawai maupun antara pegawai dan atasan berjalan dengan baik sehingga kinerja pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau terbilang tinggi. Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, dan Kinerja Pegawai