PENGARUH KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS MOBILE BANKING PADA PT. BANK BRI SYARIAH CABANG PEKANBARU
Daftar Isi:
- Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah karena fasilitas mobile banking atau mobile BRIS pada Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru merupakan layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui jaringan telepon seluler. Aplikasi ini mempermudah setiap nasabah untuk melakukan transaksi serta mengakses kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan fasilitas mobile banking pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru, untuk mengetahui faktor apa saja yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan fasilitas mobile banking pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru, dan untuk mengetahui bagaimana tinajuan ekonomi islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan fasilitas mobile banking pada PT. Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru yang beralamat di Jl. Arifin Ahmad No. 7 – 9 Kota pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Nonprobability Sampling dengan teknik prosedur pencarian responden ini berdasarkan Accidental Sampling, sebanyak 67 nasabah sebagai responden. Data yang digunakan adalahdata primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengolahan data di dapat persamaan regresi yaitu Y = 4,297 + 0,635 X 1 + 0,O56 X 2 + 0,269 X 3 + -0,159 X 4. Selanjutnya dari hasil uji t, variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pengambilan keputusan nasabah adalah faktor budaya terbukti dari nilai t hitung > t tabel sebesar 4,438 > 1,996 dan nilai signifikannya 0.000 < 0,05, faktor sosial sebesar 0,586 < 1,996 dan nilai signifikannya 0,560 > 0,05, faktor pribadi sebesar 2,015 > 1,996 dan nilai signifikannya 0,048 > 0,05 kemudian faktor psikologis sebesar -1,170 < 1,996 dan nilai signifikannya 0,247 > 0,05. Kemudian dari hasil uji F diperoleh bahwa nilai F hitung > f tabel terbukti sebesar 5,887 > 2,51 dan nilai signifikannya 0,000< 0,05. Artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Kemudian berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan persentase pengaruh variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan nasabah sebesar 0,275 (27,5%) dan sisanya 72,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi. Kemudian, tinjauan ekonomi islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan fasilitas mobile banking pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru secara umum adalah sesuai dengan ekonomi islam.