PERENCANAAN KOMUNIKASI PT.PEGADAIAN (PERSERO) DALAM MENSOSIALISASIKAN PRODUK SYARIAHDI KOTA PEKANBARU
Daftar Isi:
- PT. Pegadaian (Persero) merupakan lembaga jasa keuangan, dimana masyarakat kita yang status social dan profesinya yang bermacam-macam, membuat lembaga keuangan sangat dibutuhkan terutama untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Untuk membantu kebutuhan kalangan tersebut, hadirlah Pegadaian sebagai solusi bagi yang butuh dana dengan cara menggadaikan barang. Makin bertambahnya penduduk terutama di perkotaaan, kebutuhan financial pun makin meningkat. Dengan hadirnya Pegadaian terutama Pegadaian Syariah dapat membantu masyarakat, terutama masyarakat muslim dalam memperoleh pinjaman tanpa bunga atau gadai-menggadai tanpa bunga. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Komunikasi PT. Pegadaian (Persero) Dalam Mensosialisasikan Produk Syariah di Kota Pekanbaru. Pendekatan penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi di PT. Pegadaian (Persero). Informan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara penulis dengan Asisten Manajer, Asisten Manajer Penjualan, dan Humas PT. Pegadaian(Persero), kemudian hasil observasi dan dokumentasi serta arsip-arsip di Kantor Wilayah dan PT. Pegadaian Area Pekanbaru. Adapun hasil penelitian ini bahwa Perencanaan Komunikasi PT. Pegadaian (Persero) dalam Mensosialisasikan Produk Syariah di Kota Pekanbaru di mulai dengan,1. Penemuan Fakta dilakukan dari wawancara kepada nasabah bersifat pasif dan opini yang berkembang. 2. Perencanaan dilakukan melalui segmentasi, menambah jaringan Pegadaian, dan pengembangan produk. 3. Komunikasi dilakukan melalui komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. 4. Evaluasi dilakukan setiap akhir bulan untuk mengetahui pencapaian target. Kata Kunci : Perencanaan Komunikasi, PT. Pegadaian (Persero) Pekanbaru, Sosialisasi, Produk Syariah