MANAJEMEN KOMUNIKASI ALPHA HOTEL DALAM MENCIPTAKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP PELANGGAN
Daftar Isi:
- Alpha Hotel berdiri pada tahun 2013.Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa, pelayanan merupakan faktor kunci dalam keberhasilan sebuah Hotel. Semakin tingginya tingkat persaingan menyebabkan perusahaan harus memiliki strategi untuk menghadapi kompetitor yaitu dengan menciptakan pelayanan prima. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Manajemen komunikasi Alpha Hotel dalam Menciptakan Pelayanan Prima terhadap Pelanggan. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana Manajemen Komunikasi Alpha Hotel dalam Menciptakan Pelayanan Prima terhadap Pelanggan. Informan dalam penelitian ini 3 orang, yakni Human Resources Development (HRD), Asisten Front Office Manager (Asst FOM) dan Asisten Food & Beverage Manager (Asst FBM) Alpha Hotel Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep manajemen Alpha Hotel terdiri dari Reorganize large masses of information into simpler yet more meaningful categories yaitu menyusun visi, misi serta tujuan, mempersiapkan fasilitas, menentukan media, menempatkan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan menyiapkan strategi untuk menghadapi keluhan-keluhan pelanggan, dalam Differentiate important information and eliminate non essential information, pembagian tugas karyawan sudah terstruktur dengan jelas, View problem-connected events, phenomena and concepts in an integrated context that makes it easier to make sense of, or explain what is occurring. yang dilakukan dengan menerapkan moto senyum, sapa, salam, berkomunikasi secara efektif, menyediakan fasilitas dan memenuhi segala kebutuhan pelanggan. Formulate strategy that can serve as the basic for plans and their implementations, yang dilakukan dengan menaggapi keluhan pelanggan secara cepat tanggap, menerapkan sistem maintenance untuk memelihara fasilitas, memperhatikan kinerja karyawan dalam menghadapi pelanggan dan membuat penilaian guna menunjang sumber daya para karyawan. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Pelayanan Prima, Pelanggan