MODEL KOMUNIKASI HUMAS KPU KOTA PEKANBARU DALAM MENSOSIALISASIKAN TAHAPAN PILWAKO BAGI PEMILIH PEMULA DI KOTA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang model komunikasi Humas KPU Kota Pekanbaru dalam melakukan sosialisasi bagi pemilih pemula secara institusi dan umum di Kota Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana model komunikasi humas KPU kota Pekanbaru dalam mensosialisasikan tahapan pilwako bagi pemilih pemula di kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model komunikasi humas KPU kota Pekanbaru dalam mensosialisasikan tahapan Pilwako bagi pemilih pemula di kota Pekanbaru. Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model komunikasi Interaksional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut di analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunikator dalam melakukan sosialisasi adalah Humas KPU Kota Pekanbaru, Anggota Komisioner KPU Kota Pekanbaru, Staff-Staff KPU Kota Pekanbaru, dan Tim GASS ( Gerakan Ayo Coblos ke-TPS ) yang terdiri dari Mahasiswa yang sudah bekerja sama dengan pihak KPU Kota Pekanbaru beranggotakan 10 (sepuluh) orang; (2) Pesan yang disampaikan baik secara institusi maupun umum adalah sama-sama memberikan informasi, mengajak, serta menghimbau agar ikut berpartisipasi dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2017; (3) Sasaran Sosialisasi secara institusi yaitu Siswa/Siswi Sekolah yang sudah berumur 17 tahun dan Mahasiswa yang berdomisili di Kota Pekanbaru, sedangkan secara umum yaitu masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kecamatan Kota Pekanbaru; (4) Saluran yang digunakan adalah Media cetak, media elektronik, dan alat peraga; (5) Efek/Respon yang terjadi baik secara institusi maupun umum sama-sama berjalan dengan baik dan berjalan dengan kondusif sesuai yang diharapkan Humas KPU Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Model, Komunikasi, Humas, Sosialisasi, pemilih pemula, institusi, umum.