EFEKTIVITAS MEDIA KOMUNIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI E-LEARNINGDI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan media komunikasi Google Classroom di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau efektif digunakan sebagai E-Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif, format penelitian ini menggunakan format deskriptif, dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Data yang dikumpulkan didapat melalui mahasiswa dengan menyebarkan angket pada saat mahasiswa melaksanakan proses perkuliahan melalui fenomena penggunaan e-laerning. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat hasil perhitungan efektivitas komunikasi Google Classroom diperoleh hasil 3,91 yang mana nilai ini masuk dalam rentang skala efektif (3,41 – 4,20) dan dapat disimpulkan bahwa Google Classroom memiliki efektivitas komunikasi untuk digunakan sebagai E-Learning di jurusan ilmu komunikasi dimana pesan yang disampaikan oleh dosen lengkap, jelas dan mudah dipahami oleh mahsiswa, Google Classroom merupakan media diskusi, media penyampai informasi yang dapat menghubungkan mahasiswa dan dosen dalam perkuliahan, pesan yang disampaikan bersumber langsung dari dosen dan tautan website atau jurnal, serta Google Classroom mudah untuk diakses. Google Classroom dalam proses pembelajaran dapat dikatakn efektif yang mana pengetahuan mahasiswa tentang materi perkuliahan lebih baik dan lebih luas dengan menggunakan Google Classroom. Kata kunci : Efektivitas, Google Classroom, E-Learning