UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI TERHADAP JAMA’AH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) SHAFA MARWAH KOTA DUMAI
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan perusahaan dan lembaga untuk dapat memenuhi harapan dari konsumen, kualitas pelayanan menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah lembaga dalam melayani masyrakatnya, Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin pesatnya perkembangan sektor bisnis dimasyarakat, khususnya di Kota Dumai Provinsi Riau dan kurangnya pelayanan yang diberikan oleh KBIH Shafa Marwah, sehingga KBIH ini berupaya untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanannya. KBIH Shafa Marwah memiliki tugas pokok dan fungsi yaitu melakukan bimbingan manasik haji kepada jama’ah dan melayani jama’ah karena KBIH ini merupakan sebuah tempat menambah wawasan mengenai ilmu ibadah haji. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan KBIH Shafa Marwah dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, Jenis Penelitian ini Deskiptif Kualitatif, Informan Penelitian terdiri dari lima orang satu orang informan kunci dan empat orang informan pendukung. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis dengan analisis isi. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa KBIH Shafa Marwah dalam upaya peningkatan kualitas pelayanannya adalah dengan melakukan pertama: memberikan pembuktian langsung yang berupa fasilitas, sarana komunikasi dan pegawai, kedua: kemampuan karyawan dalam melayani jama’ah, ketiga: memberikan jaminan kepada jama’ah, keempat: memberikan kemudahan dan perhatian khusus, kelima: memiliki etika di dalam pelayanan. Akhirnya KBIH Shafa Marwah mampu memberikan pelayanan terbaiknya dan dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Bimbingan