PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG INDUSTRI KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 - 2017)
Daftar Isi:
- Program CSR merupakan investasi perusahaan demi pertumbuhan berkelanjutan perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre). Program CSR merupakan komitmen perusahaan mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Industri Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017, baik secara parsial dan simultan.Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dari 22 perusahaan Manufaktur Sektor Barang Industri Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013 sampai 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan bantuan program SPSS 23.Hasil pengujian menggunakan metode regresi data panel, menunjukkan hasil bahwa dari kelima variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini, menemukan bahwa Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Sedangkan untuk variabel Profitabilitas dan Leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure . Variabel independen (Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan) dapat menjelaskan variabel dependen (Corporate Social Responsibility Disclosure) sebesar 32,2% sedangkan sisanya sebesar 67,8% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci :CSR, Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan.